TNI Genjot Program Sejuta Jamban di Empat Lawang

EMPAT LAWANG, KS – Puluhan anggota TNI dari Koramil 405-01/Tebing Tinggi bergotong royong bersama warga desa Kemang Manis Kecamatan Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang membuat jamban bagi masyarakat kurang mampu. Kegiatan ini bagian dari program sejuta jamban, digagas TNI di wilayah bumi saling keruani sangi kerawati.

Danramil 405-01/Tebing Tinggi, Kapten ARH Mardin menjelaskan, kegiatan pembuatan jamban merupakan percontohan kepada masyarakat agar ke depan mengerti arti penting budaya hidup sehat dan bersih.

“Dengan memiliki jamban sendiri, masyarakat dapat hidup secara bersih dan sehat dengan meninggalkan kebiasaan membuang hajat (buang air besar, red) di sembarang tempat,” kata Mardian, kemarin (15/7).

Ia menambahkan, program ini dilaksanakan TNI secara nasional di seluruh Indonesia dan untuk Koramil  405-01/Tebing Tinggi yang membawahi Kecamatan Tebing Tinggi, Kecamatan Saling dan Talang Padang.  Rencananya akan digenjot paling sedikit akan dibuatkan 384 Jamban bagi masyarakat kurang mampu.

“Program Sejuta jamban ini merupakan program TNI, bagaimana TNI selalu bersinergi dengan masyarakat,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dusun 1 Desa Kemang Manis, Sopiyanto didampingi Kasi Pembangunan Desa Kemang Manis, Suparman mengaku senang atas upaya yang dilakukan TNI di desanya. Ia bersama masyarakat desa Kemangmanis sangat berterimakasih atas apa yang dilakukan oleh TNI untuk memberikan contoh pada budaya hidup bersih.

“Kami warga Kemang Manis sangat berterimakasih sebab apa yang dilakukan oleh TNI ini sangat membantu warga yang tidak mampu,”tukasnya. 

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *