Tinggal 18 Paku Bumi Yang Belum Terpasang

PALEMBANG, KS – Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Flyover Jakabaring, Joko Saputro menjamin, pembangunan Flyover Jakabaring akan selesai sesuai target yakni bulan November 2015.

“Sekarang tinggal 18 paku bumi lagi yang belum dipasang. Dalam waktu yang tidak lama lagi, semuanya selesai dipasang atau ditanam kedalam bumi,”ungkapnya, Senin (13/7).

Joko mengatakan, mengenai masalah pembebasan lahan yang belum selesai hingga saat ini, sudah menemui titik terang. Dalam waktu dekat sudah dibebaskan.

“Uang sudah kami titipkan di Pengadilan. Sekarang sedang berproses, do’akan saja secepatnya selesai. Sehingga sisa bangunan yang belum dibebaskan, bisa dibongkar, agar lalu lintas berjalan normal,”katanya.

Joko menyebutkan, proyek yang menelan dana Anggarana Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) ratusan miliar tersebut harus selesai sesuai target. Apabila, tidak selesai dalam waktu yang ditentukan, maka kemungkinan besar kepercayaan pemerintah pusat kepada daerah akan berkurang. Begitu juga pada kontraktornya. Baik swasta maupun BUMN.

“Ya wajib selesai. Anggarannya multi years, dengan rincian Rp 79 miliar untuk tahun 2014 dan Rp 92 miliar untuk tahun 2015, dana tersebut beda lagi dengan pembebasan lahan, karena ada PPK nya tersendiri yakni dari Pemkot Palembang,”ulasnya.

Sementara itu, sebelumnya sekretaris pembebasan lahan Flyover Jakabaring, Fahmi Fadillah mengatakan, pihaknya sudah berupaya semaksimal mungkin agar pembebasan lahan segera selesai. Namun, karena pemilik lahan menginginkan nilai ganti rugi diatas kewajaran, akhirnya pihaknya serahkan kepada pengadilan.

“Termasuk juga tanda Sertifikat Hak Milik (SHM) ganda. Kami juga sudah serahkan sepenuhnya kepada pengadilan,”pungkasnya.

Teks: Trie Saputra

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *