Pertukaran Uang Receh Capai Rp 1 Milyar

EMPAT LAWANG, KS – Pertukaran uang pecahan Rp 2000 dan Rp 5000 serta pecahan Rp 10 ribu di bank Sumselbabel Cabang Tebing Tinggi, cukup fantastis. Sejak awal Ramadhan hingga hari ini, Selasa (14/7), jumlahnya hampir Satu Milyar. Yang palik banyak diburu oleh masyarakat, uang pecahan Rp 5000 yang mencapai Rp 500 juta lebih.

Hal ini diungkapkan Pimpinan Bank Sumselbabel Cabang Tebing Tinggi, M Tobi. Menurutnya, antusiasme masyarakat dalam menukarkan uang pecahan kecil, sangat tinggi pada bulan Ramadhan dan menjelang hari raya Idul Fitri tahun ini. Mereka harus beberapa kali meminta pengiriman uang pecahan Rp2000, Rp 5000 dan pecahan Rp 10 ribu ke Palembang, untuk memenuhi kebutuhan nasabah yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Setidaknya sudah tiga kali, kami meminta pengiriman uang dari Palembang. Saat ini pun, stock yang tersedia sudah menipis, karena peminatnya sangat banyak,” ungkap M Tobi, kemarin.

Sementara untuk perputaran uang di Empat Lawang sejak satu pekan terakhir ini, mencapai Rp 30 Milyar lebih. Jumlah ini meliputi gaji bulanan PNS dan gaji 13, yang mencapai Rp 20 Milyar lebih. Selebihnya, murni dari transaksi masyarakat yanh tersebar di 10 kecamatan yang ada di Bumi Saling Keruani Sangi Kerawati.

“Jumlah ini bisa bertambah lagi, karena besok (hari ini, red) merupakan hari terakhir masuk kerja sebelum lebaran. Yang jelas, roda perekonomian dan perputaran uang di Empat Lawang cukup tinggi,” tegasnya.

Sementara itu Syahrianto (25) warga Tebing Tinggi mengaku, uang pecahan 2000 dan 5000 sangat diperlukan pada hari raya Idul Fitri nanti, untuk berbagi pada anak kecil yang datang ke rumah. “Keponakan dan tetangga masih anak-anak, sangat senang dikasih uang tersebut. Apalagi masih baru, anak kecil sangat suka. Jika pecahan uangnya besar, saya belum punya uang,”tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *