Arus Mudik, Didominasi Mobil Minibus Pribadi

EMPAT LAWANG, KS – Arus mudik idul fitri 1436 Hijriah, melintasi jalinsumteng kecamatan Tebing Tinggi, Empat Lawang mulai padat. Kendaraan bernopol luar wilayah Empat Lawang seperti pulau jawa dan lampung, didominasi konvoi mobil jenis minibus pribadi.

“Arus mudik rata-rata minibus pribadi nopol pulau jawa dan lampung, beberapa daerah lainnya juga banyak melintas,” jelas Dedi salah satu petugas di Pos pengamanan (Pospam) arus mudi, simpang jalan poros HM Noerdin Panji, kemarin (14/7).

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, kendaraan arus mudik dengan kapasitas dibawah 8 ton, dialihkan ke jalan lingkar kota Tebing Tinggi. Sementara kendaraan berat diatas kapasitas 8 ton, tetap melintasi jalur pasar Tebing Tinggi.

Hal ini dilakukan, guna mengantisipasi kepadatan kendaraan dikawasan pasar. Sebab, selain sempit akses jalinsumteng di kawasan pasar sudah menyempit oleh aktifitas pedagang kue kering musiman dan PKL.

Pengalihan arus lalu lintas ini, dilakukan dua arah yaitu di simpang tiga Talang Gunung dekat SMA Negeri 2 Tebing Tinggi dan di simpang jalan poros HM Noerdin Panji. “Kalau tonase diatas 8 ton, masih sulit melintas di jalan lingkar,” kata petugas pos arus mudik lainnya.

Salah satu pemudik, Irsan (40) warga Kota Bekasi hendak ke Kota Curup Bengkulu mengaku, arus mudik idul fitri 2015 ini tidak seramai tahun sebelumnya, bahkan sepanjang perjalanan hanya satu kali kemacetan di sekitar penyebrangan Merak-Bakauheni. “Lintas timur lancar kok, aman juga banyak pos keamanan dari Dishub dan Polres,” bebernya.

Untuk ketahui, memberikan pelayanan pada arus mudik dan balik Idul Fitri 1436 Hijriah, Polres Empat Lawang bersama instansi terkait menyiapkan tiga pos pengaman (pospam) dan satu pos pelayanan (posyan) serta rest area atau tempat istirahat.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres Empat Lawang AKBP Rantau Isnur Eka SIk melalui Kasat Lantas Iptu Indra Jaya. “Pospam kami dirikan di simpang tiga Jl Poros, simpang empat PLN dan simpang Talang Gunung. Sedangkan Posyan dan Rest Area lokasinya di halaman Mapolres,” ujar Indra.

Personil yang dilibatkan bukan hanya dari kepolisian saja, tapi personel TNI dan instansi terkait di lingkungan Pemkab Empat Lawang seperti Dinas Kesehatan (Dinkes), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga dilibatkan.

“Operasi Ketupat Musi 2015, mulai dilaksanakan dan berakhir pada 25 Juli nanti, atau bertepatan H-7 sampai H+7 Idul Fitri,”tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *