Jelang Idul Fitri, Polres Gelar MoU Bersama

PAGARALAM, KS – Upaya menciptakan suasana kenyamanan dan kelancaran bagi para pemudik yang akan melintasi Bumi Besemah ini, Satlantas Polres Pagaralam membuat nota kesepahaman. Pelaksanaan penandatanganan Memorandoum of Understanding (MoU) tersebut berlangsung  di aula pertemuan Mapolres, dengan melibatkan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kota Pagaralan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kesehatan,  dan Jasa Raharja, kemarin.

Pada kesemopatan itu, Kapolresta Pagaralam, AKBP Hendra Gunawan SIk MSi, melalui Wakapolres, Kompol Eddy Aprianto Hakka ST MSi didampingi Kasat Lantas, AKP Aldino Agus Anggoro menegaskan, digelarnya penandatanganan nota kesepahaman bersama dimaksud sebagai komitmen bersama guna menciptakan suasana kenyamanan dan kelancarandalam hal penanganan Lakalantas terpadu.

“Melalui kesepakatan ini, kita berharap agar arus mudik selama perayaan Idul Fitri 1436 Hijriah dapat berjalan dengan baik dan lancar sekaligus dapat menekan angka Lakalantas,” harapnya.

Ia mengatakan, menjelang perayaan Idul Fitri, arus Lalulintas kendaraan dan Lakalantas di jalan raya diprediksi berpotensi meningkat. “Meski begitu, kita tengah berupaya semaksimal mungkin guna mewujudkan suasana kenyamanan dan keselamatan bagi para pemudik yang melintas di Kota Pagaralam,” tegasnya.

Pemicu terjadinya Lakalantas sambung AKP Aldino Agus Anggoro, tentunya dipengaruhi  beberapa faktor, yakni faktor manusia itu sendiri, karena minimnya kesadaran masyarakat dalam berlalulintas. Kemudian kondisi jalan yang rusak ataupun minimnya rambu Lalulintas di sepanjang jalur dan faktor alam yang tidak menentu seperti kawasan longsor dan lainnya.

“Guna menyikapi berbagai hal yang dapat penyebab Lakalantas, tentunya sangat diharapkan adanya kerjasama dengan instansi terkat lainnya,” kata Aldino.

Pantauan di lapangan, kondisi kerusakan jalan yang ada di Bumi Besemah sejauh ini tengah dilakukan perbaikan oleh Dinas PU setempat. Ternasuk, Dinas Kesehatan akan menyiagakan para tenaga medis di sepanjang jalur mudik serta mengoperasikan sejumlah Puskesmas rawat inap, jika terjadi atau ada korban Lakalantas selama 24 jam.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *