BBWSS VIII Dirikan Pos Klimatologi

PAGARALAM, KS – Guna mengetahui pengukuran rata-rata curah hujan, temperatur, kelembaban, lamanya panas matahari, dan kecepatan angin, Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VIII, bakal mendirikan Pos Klimatologi pertama di Sumsel, yakni di Bumi Besemah.

Terkait hal itu, Walikota Pagaralam, Hj Ida Fitriati Basjuni menegaskan, fungsi pemasangan alat klimatologi untuk pengukuran rata-rata curah hujan, temperatur, kelembaban, lamanya panas matahari, dan kecepatan angin.

“Lokasi perencanaan pendirian Pos Klimatologi  Sumsel di Pagaralam tersebut, yakni di kompleks perkantoran Gunung Gare,” terangnya seraya mengatakan alat dan gedung bantuan Balai Besar Wilayah Sungai Sumatera nantinya akan menyerap  dana sekitar Rp 600 juta.

Ida menerangkan, keberadaan fasilitas dimaksud,  nantinya akan membantu 6 wilayah lainnya dari 17 Kabupaten/Kota di Sumsel dibantu, yakni Prabumulih, Empat Lawang, Banyuasin, OKUS dan dua unit untuk Musi Banyuasin.

“Meski begitu, penempatan alat tersebut tentunya tidak bisa sembarangan atau radius 50 meter tidak ada bangunan dan pohon tinggi,” tambahnya.

Terpisah, Consultan Unit Klimatologi BBWSS VIII, M Azhan mengatakan, fungsi keberadaan sejumlah Pos Klimatologi yakni untuk memenuhi kebutuhan Pemerintah Pusat dalam hal informasi iklim maupun cuaca di beberapa daerah.

“Semoga perencanaan pembangunan Pos Klimatologi di Bumi Besemah ini dapat berjalan dengan baik dan lancar, tanpa mengalami suatu kendala yang berarti,” harapnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *