Belasan Kades Baru di Empat Lawang Nyaris Tertipu

EMPAT LAWANG, KS – Sejumlah kepala desa (kades) baru dilantik di Kabupaten Empat Lawang nyaris menjadi korban penipuan, oleh oknum mengatasnamakan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Empat Lawang.

Aksi penipuan dengan janji bantuan dana desa mencapai ratusan juta tersebut, beredar melalui telepon dan pesan singkat (SMS) ke para kades. Pelaku mencatut nama kepala Bappeda Empat Lawang H Nanti Kasih Ade dan sekretaris Bappeda Tarmizi, meminta setoran 10 persen dari bantuan dijanjikan ke para kades sebagai syarat pencairan.

“Banyak kades menghubungi saya, ada belasan orang. Katanya disuruh setor uang syarat pencairan dana bantuan desa melalui Bappeda,” ungkap Kepala Bappeda Empat Lawang, H Nanti Kasih Ade, kemarin.

Nanti Kasih mengaku terkejut, karena ia tak pernah menghubungi para kades terkait bantuan. Begitu juga dengan sekretaris dan pegawai di Bappeda, dipastikan tidak ada yang menghubungi kades menawarkan bantuan. Karena memang tidak ada program bantuan dari Bappeda untuk desa, jelas ini adalah penipuan dilakukan oknum tak bertanggungjawab.

Dijelaskannya, para kades yang menghubunginya mengaku, mendapat telpon dari Kepala dan sekretaris Bappeda Empat Lawang. Nah inikan aneh, “Kapan saya menelpon, tau nomor kades saja tidak” untung saja ada beberapa kades sudah kenal dan mengkonfirmasi kepadanya. Modus penipuannya memang terstruktur, karena ada beberapa nomor phonsel mengaku sebagai kepala Bappeda dan sekretaris.

“Saya tegaskan lagi, tidak benar ada bantuan untuk desa dari Bappeda. Nomor phonsel menghubungi kades juga bukan nomor saya dan sekretaris, jadi itu jelas penipuan,” tegasnya.

Ia mengingatkan agar kades berhati-hati terhadap upaya penipuan, ini beruntung cepat ketahuan. Tapi tak nenutup kemungkinan ada oknum kades, terutama kades baru yang sudah tertipu. Makanya, jangan mudah percaya, jika ada informasi apapun segera konfirmasi ke intansi terkait atau ke BPMPD. “Kalau ada kades sudah tertipu, lapor polisi saja. Itu jelas penipuan,” imbuhnya.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, sejumlah kades nyaris menjadi korban penipuan, oleh oknum mengaku dari SKPD dilingkungan Pemkab Empat Lawang. Modus penipuan hampir sama seperti dialami para Kepala Sekolah (Kepsek), beberapa waktu lalu. Pelaku menjanjikan bantuan, dengan alibi memperlancar pencairan dana pelaku meminta transfer uang pelicin beberapa persen dari nominal bantuan dijanjikan.

Di Empat Lawang aksi penipuan ini marak, sebab sebagian besar kades diisi wajah baru.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *