Apel Siaga Pasukan Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

LAHAT, KS – Kepolisian Resort Lahat bersama Jajaran Unsyur Muspida serta Anggota TNI gelar Apel siaga pasukan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1436 H atau tahun 2015 dihalaman Mapolres Lahat kemarin Kamis (09/07).

Dalam apel pengecekan ini diharapkan rencana operasi yang telah dipersiapkan dengan matang dan cermat, dapat dilaksanakan secara baik dan mampu mendorong sinergitas seluruh stakeholders sehingga penyelenggaraan Operasi Ketupat-2015 dalam rangka pengamanan hari raya idul fitri 1436 H dapat berjalan dengan sukses.

Dalam apel ini Wakil Bupati Lahat Marwan Mansyur,SH,MM menyampaikan bahwa beberapa aktifitas yang perlu diperhatikan adalah pelaksanaan ibadah puasa, takbiran, sholad ied, kegiatan transaksi belanja, mudik, rekreasi atau wisata serta kegiatan distribusi bahan pokok masyarakat serta BBM.

“Berdasarkan data operasi ketupat tahun 2014 lalu tercatat jumlah kejadian kecelakaan lalu lintas mengalami penurunan sebanyak 618 kasus atau 16,81 persen dari 3.675 kasus pada tahun 2013 menjadi 3.057 kasus pada tahun 2014,” jelasnya dihadapan anggota apel.

Memahami berbagai permasalahan, gangguan kamtibmas dan beragam ancaman yang munkin terjadi, maka dalam rangka menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat pada perayaan hari raya idul fitri 1436 H, polri beserta seluruh jajarannya dibantu instansi terkait dan komponen masyarakat lainnya menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat.

“Operasi ketupat ini dilaksanakan selama 16 hari dimulai tanggal 10 sampai 25 julii 2015, operasi ini merupakan operasi kemanusiAan dimana selama “operasi ketupat 2015″ akan digelar kekuatan sebanyak 145.676 personil terdiri dari anggota polri sebanyak 82.538 personil, TNI sebanyak 12.761 personil serta instansi terkait sebanyak 50.377 personil yang akan tergelar di 3.030 pos pengamanan dan 1.083 pos pelayanan yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia,” bebernya.

Disamping itu Kapolres Lahat AKBP.Wira Satya Tri Putra,M.Si juga menjelaskan, pihaknya telah menyebarkan seluruh anggotanya guna melaksanakan pelayanan prima terhadap masyarakat demi menyukseskan Operasi ketupat pada tahun 2015 ini yang bertepatan dengan 1436 Hijriah.

“Dilahat ini sudah kita sebar empat pos pelayanan salah satunya di Desa Ulak Lebar Kecamatan Lahat, disana kita tempatkan anggota untuk melayani masyarakat dalam hijrah ke tempat liburan mereka, kita ingin menciptakan suasana yang kondusif dan aman di Kabupaten Lahat apalagi dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri ini,” ujarnya singkat.

Teks : Jumra Zefri

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *