87 Napi Rutan Tebing Tinggi Terima Remisi Lebaran

EMPAT LAWANG, KS – Kepala Cabang Rumah Tanahan (Rutan) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Abdul Hakim Amer Bc IP SH melalui Kasubsi Registrasi Resmanto mengatakan, sebanyak 78 Nara Pidana (Napi) pada saat lebaran nanti akan menerima remisi tahanan bahkan ada satu napi bebas.

“Lebaran nanti ada satu napi bebas yakni Sultan Aji warga Tebing Tinggi jalan stasiun, Sultan merupakan tahanan dengan kasus 372 Penggelapan. Selain Sultan Aji sebanyak 78 Napi lainnya menerima remisi,” ungkapnya, Rabu (8/7).

Pemberian remisi nanti diberikan kepada Napi pada saat usai sholat ied, nantinya akan dibacakan siapa saja yang menerima Napi maupun yang bebas. “Kita akan bacakan usai sholat ied dengan disaksikan oleh petugas dari pusat,” ujarnya.

Menurutnya, syarat untuk diajukan remisi minimal enam bulan menjalani pidana terhitung sejak ditahan, namun bagi tahanan yang baru masuk sekitar tiga atau empat bulan belum bisa menerima remisi.

“Untuk Napi yang menerima remisi tentu saja ada syarat dan ketentuannya, minimal enam bulan menjalani hukuman baru bisa diajukan remisi,” imbuhnya.

Ia menambahkan, jumlah tahanan di Rutan Tebing Tinggi sampai dengan saat ini mengalami peningkatan yang cukup drastis, dimana sebelumnya berkisar 120 napi, namun sekarang mencapai 144 Napi.

“Napi mencapai 144 mengalami peningkatan dari tahun sedangkan jumlah kapasitas rutan hanya 90 napi, itu artinya kapasitas yang ada sudah overload,” tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *