2015, Ada Lima Remisi Dasawarsa

EMPAT LAWANG, KS – Angin segar bagi Nara Pidana (Napi), pasalnya pada tahun ini (2015) ada lima remisi yang nanti akan dinikmati oleh para napi, namun dari lima remisi tersebut tidak semua remisi yang diterima melainkan ada syarat khusus.

Kepala cabang Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang Abdul Hakim Amer Bc IP SH melalui Kasubsi Registrasi Resmanto mengatakan, untuk 2015 ini ada yang sedikit special untuk para Napi, sebab ada remisi yang bisa dirasakan oleh semua Napi yakni Remisi Dasawarsa.

“Remisi dasawarsa ini adalah remisi yang keluar setiap 10 tahun sekali, remisi dasarwarsa ini beda dengan remisi lain seperti Remisi lebaran, 17 Agustus, Anak, Lansia, kalau untuk remisi dasawarsa ini semua napi bisa menikmatinya,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, perlu dikethuai oleh masyarakat bahwa syarat untuk diajukan remisi lebaran, 17 Agustus, lansia dan anak paling tidak minimal 6 bulan menjalani pidana terhitung sejak ditahan, hal itu juga dinilai dari kelakuan baik dalam lingkungan Rutan, namun beda halnya dengan remisi dasarwarsa.

“Kalau remisi lebaran ada syaratnya suapya bisa diajukan dan dilihat penilaian selama menjalani hukuman didalam Rutan, namun untuk remisi dasawarsa tidak perlu lagi ada persyaratan,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebanyak 78 Nara Pidana (Napi) pada saat lebaran nanti akan menerima remisi tahanan bahkan ada satu napi bebas.

“Lebaran nanti ada satu napi bebas yakni Sultan Aji warga Tebing Tinggi jalan stasiun, Sultan merupakan tahanan dengan kasus 372 Penggelapan. Selain Sultan Aji sebanyak 78 Napi lainnya menerima remisi,” ungkapnya.

Pemberian remisi nanti diberikan kepada Napi pada saat usai sholat ied, nantinya akan dibacakan siapa saja yang menerima Napi maupun yang bebas. “Kita akan bacakan usai sholat ied dengan disaksikan oleh petugas dari pusat,”tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *