Penyandang Cacat Bakal Dapat Bantuan

EMPAT LAWANG, KS – Penyandang cacat di Kabupaten Empat Lawang diberikan bantuan oleh pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Empat Lawang. Bantuan yang diberikan seperti kursi roda, kruk tikiak, alat pendengar dan tongkat putih.

“Untuk tahun ini ada 68 orang penyandang cacat diberikan bantuan, namun dari jumlah tersebut dari Sembilan Kecamatan. Sedangkan untuk Kecamatan Talang Padang sudah mendapatkan bantuan tahun lalu dan tahun ini tidak mendapatkan bantuan, “ungkap Kepala Dinsosnakertran Hasbullah melalui Kabid Sosial, Eka Agustina, kemarin.

Dijelaskan Eka, bantuan yang diberikan oleh pihaknya itu sesuai dengan kebutuhan orang penyandang cacat, artinya setiap orang itu berbeda-beda mendapatkan bantuan dan tidak sama. Dia mencotohkan kalau mereka tuli otomatis dan tentunya bantuan yang diberikan alat pendengar.

“Yang jelas bantuan yang diberikan itu sesuai dengan kebutuhan bagi penyandang cacat, “jelasnya.

Dia menambahkan, pihaknya juga ada bantuan bagi asistensi lanjut usia telantar, namun untuk saat ini baru 20 orang yang baru terdata oleh pihaknya yakni didua Kecamatan seperti Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Talang Padang. “Ya baru 20 orang yang baru terdata oleh pihaknya, namun jumlah tersebut bisa bertambah, “kata Eka.

Bantuan yang dimaksud, masih kata Eka dalam bentuk uang, jadi setiap bulan mereka mendapatkan uang sebesar Rp 200 ribu. “Perbulannya mendapatkan Rp 200 ribu,”tuturnya.

Lebih lanjut dia juga menghibau masyarakat yang memiliki keluarga lansia harap melapor kepada pihak, nantinya akan diberikan bantuan seperti jaminan lanjut usia. “Silahkan masyarakat untuk melapor, namun harus memenuhi kriteria dalam artian memang tidak bisa bekerja atau hidup sebatang kara,”tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *