PDAM Empat Lawang Diminta Audit Keuangan

EMPAT LAWANG, KS – Seiring pergantian direktur Perusahaan daerah Air Minum (PDAM) Empat Lawang belum lama ini, pemkab Empat Lawang berencana mengucurkan kembali dana penyertaan modal, bagi Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tersebut.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Bagian Ekonomi Pembangunan (Kabag Ekobang) Setda Empat Lawang Yulius Sugiantara. Namun penyertaan modal itu akan dikucurkan dengan catatan PDAM harus sudah melakukan audit keuangan, dalam artian harus memiliki akuntan keuangan publik, dengan adanya penyertaan modal itu tidak lain adalah untuk menekan kebocoran air serta memberikan pelayanan suplai air bersih yang maksimal kepada masyarakat.

“Dana tersebut dikuncurkan, namun PDAM harus memiliki akuntan keuangan publik, jika itu tidak maka dana tersebut tidak bisa disalurkan,”jelas Yulius.

Dilanjutkannya, bantuan yang dimaksud bisa diperuntukkan untuk melakukan perbaikan-perbaikan jaringan seperti halnya pergantian meteran dan perluasan jaringan.

“Penyertaan modal itu akan dikucurkan tidak lain hanya untuk perbaikan pelayanan, karena saat ini bisa dikatakan belum maksimal, “katanya.

Bantuan yang dimaksud, masih kata Yulius, tidak bisa diambil secara langsung, akan tetapi bisa dicairkan secara bertahap yaitu selama Tiga tahun. Tetapi kembali lagi PDAM harus membuat analisa keuangan terlebih dahulu kemudian mereka juga harus memaparkan kepada pemerintah dan DPRD Empat Lawang.

“Ya kita akan melihat sampai sejauh mana kelayakan penyertaan modal tersebut, “jelasnya.

Ia tak menampik, langkah-langkah penyertaan modal itu memanglah harus dilakukan, sebagai salah satu upaya menambah penghasilan daerah. Jadi bisa dikatakan merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memperkuat badan usaha milik daerah yang berkualitas dan menghasilkan.

“Kita akan lakukan hal itu untuk memperkuat peningkatan PAD, dan yang diutamakan pelayanan kepada masyarakat untuk mendapatkan air bersih, “tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *