Razia Kost-Kostan, RT Harus Croscek Warganya

LUBUKLINGGAU, KS – Dibulan suci ramadhan 1436 H, pemerintah kecamatan dan kepolisian kerap melakukan operasi cipta kondisi. Nah, kemarin giliran kost-kostan diwilayah Kecamatan Lubuklinggau Timur I yang dirazia.

Tim yang terdiri dari Kapolsek Lubuklinggau Timur, AKP Ermi beserta anggota, Camat Lubuklinggau Timur I, Henny beserta beberapa Polisi Pamong Praja Kecamatan menyisir beberapa lokasi kost-kostan.

Pantauan Kabar Sumatera, di jalan Sekundang III, tim gabungan yang mendatangi satu persatu kostan memang tidak mendapati pasangan mesuem, namun mendapati laki laki dan perempuan didalam kost-an.

Kemudian di Jalan Junaidi Gang Cik Ayib tim mendapati pasangan nikah siri, dan kost-kostan lainya banyak menemukan penduduk tanpa KTP dan tidak melapor kedatanganya dengan RT setempat.

Saat diwawancarai Camat Lubuklinggau Timur I, Heny mengungkapkan bahwa hasil operasi cipta kondisi tersebut pihaknya mendapati kebanyakan pengekost  tidak memiliki KTP ataupun kartu keluarga.

“Banyak juga penduduk yang baru datang belum lapor ke RT. Dengan adanya razia seperti ini saya meminta ketua RT harus croscek dan proaktif ke masyarakat, dan razia seperti ini akan rutin dilaksanakan.
Dia juga berharap para pemilik kost proaktif mengcroscek orang-orang yang mengekos, dan  jangan membiarkan saja kostan tanpa dicek.

Terpisah, Kapolsek Lubuklinggau Timur, AKP Ermi mengatakan dari razia tersebut pihaknya mencurigai beberapa orang, namun kecurigaan tersebut tidak bisa langsung mereka eksekusi karena harus berhati-hati, sebab belum mendapat bukti cukup kuat.
“Yang kita curigai ada, tapi kita tidak bisa langsung nuduh gitu aja, butuh bukti,” ujarnya.

Razia tersebut,lanjut dia, berdasarkan masukan. dari para RT dan Kamtibmas, sehingga dilakukan razia di tempat tempat yang meresahkan warga tersebut.

“Kita menghimbau dengan adanya kita seperti ini mereka ngeremlah, kita tidak ada target, kedepan kita akan cari waktu, ini harus rutin, karena kalau tidak mereka pasti ngulang lagi,” imbuhnya.

Teks : Sri Prades
Edior : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *