Marak Beredar Kosmetik Mengandung Merkuri

PAGARALAM, KS-Meraknya peredaran peredaran obat keras di pasaran hingga terbitnya larangan penjualan berbagai merek kosmetik mengandung merkuri dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), sejauh ini belum ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan Kota Pagaralam.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pagaralam, Drs Roshan YM MKes didampingi Kabid Farmakmin, Sugiharto SKM MKM menegaskan, bila pihaknya sejauh ini belum melakukan pengawasan terhadap beberapa pusat perbelanjaan bahan kosmetik yang ada di Bumi Besemah ini.

“Ya, sejauh ini kita belum mendapat edaran dari BPOM tentang larangan penjualan berbagai merek kosmetik yang mengandung merkuri,” terangnya, kemarin (2/7).

Untuk jumlah toko penjual kosmetik yang ada di Bumi Besemah ini kata Sugiharto,  saat ini tengah di data dan belum diketahui berapa banyak jumlahnya. Meski begitu, diduga peredaran kosmetik yang mengandung merkuri tersebut dijual bebas di lapak-lapak kaki lima atau warung dan toko  manisan.

“Kendati demikian, kita melakukan monitoring ke lapangan agar kosmestik mengandung merkuri  tidak dijual bebas dipasaran,” tegasnya seraya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan baik dan lancar tanpa mengalami kendala yang berarti.

Teks : Antoni Stefen
Edior : Imron Supriyadi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *