Tunjangan Non Sertifikasi Kapan Cair ?

EMPAT LAWANG, KS – Sejumlah guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Empat Lawang yang belum tercatat sertifikasi, mempertanyakan kapan dicairkannya tunjangan non sertifikasi. Sebab, sudah memasuki bulan ke enam atau tri wulan kedua 2015, belum juga ada kejelasan realisasinya.

Informasi dihimpun Kabar Sumatera menyebutkan, biasanya tunjangan sebesar Rp 250 ribu perbulan tersebut, sudah diterima pada bulan Maret atau April untuk tri wulan pertama setiap tahunnya. Namun tahun ini, instansi terkait belum menyalurkan dana dimaksud.

“Heran aja mas, setiap tahun mengalami keterlambatan pembayaran. Jika ada masalah, apakah tidak bisa diantisipasi setiap tahunnya,” ungkap salah satu guru PNS berinisial DS, yang mengajar di tingkat SMA di Kecamatan Tebing Tinggi, kemarin.

DS dan rekan-rekannya berharap, tunjangan dimaksud bisa mereka terima pada bulan suci Ramadhan ini. Maklum saja, berbagai kebutuhan tambahan semakin meningkat, menjelang perayaan Idul Fitri nanti. “Semoga saja bisa cair semuanya sebanyak dua tri wulan, sebelum lebaran nanti. Kan lumayan untuk persiapan lebaran,” cetusnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Empat Lawang, Agusni Efendi melalui Bendahara Disdik, Fajar Bayu Dewantara menyatakan, saat ini Disdik masih melakukan proses penerbitan buku tabungan baru, yang bekerjasama dengan bank BRI. Sebab, tunjangan yang akan diterima oleh masing-masing penerimanya nanti, akan langsung disalurkan ke rekening mereka masing-masing.

“Selain melakukan pendataan jumlah guru yang menerimanya, kami juga masih menunggu proses pembuatan rekening baru di BRI. Pembagian tunjangannya tidak lagi di Disdik, melainkan langsung ke rekening mereka masing-masing,” ungkap Fajar.

Akan tetapi kata Fajar, pihaknya belum bisa memastikan berapa bulan tunjangan yang akan diterima oleh masing-masing guru penerima. “Tergantung dengan jumlah dana yang dikirim oleh pemerintah pusat, apakah untuk satu tri wulan atau langsung dua tri wulan. Waktunya pun belum bisa dipastikan, namun kami upayakan secepatnya,” tukasnya.

Teks: Saukani

Editor: Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *