Jelang Ramadhan, Harga kebutuhan dapur di Empat Lawang mulai naik

EMPAT LAWANG | Harga kebutuhan bahan dapur mengalami peningkatan, kenaikan terpantau di Pasar Musi Jaya Tebing Tinggi menjelang bulan Ramadhan. Beberapa kebutuhan dapur merangkak naik diantaranya harga bawang merah dan bawang putih.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, Rabu (3/6), jika seminggu sebelumnya harga bumbu dapur tersebut terbilang masih normal namun semakin mendekati bulan ramadhan kenaikan terus terjadi, hingga menyentuh harga Rp 40 ribu rupiah perkilonya untuk bawang merah asal Jawa, dan Rp 34 ribu rupiah harga bawang merah asal Padang padahal harga sebelumya untuk bawang merah Jawa berkisar antara harga Rp 32 ribu, dan bawang merah asal Padang harga 28 ribu rupiah.

Sementara untuk harga bawang putih turut mengalami kenaikan, namun kenaikan relatif rendah hanya naik sebesar dua ribu rupiah perkionya dari harga jual Rp 18 ribu rupiah dan saat ini seharga Rp 20 ribu rupiah.

“Kenaikan harga ini sudah dua kali terjadi dalam dua minggu ini, kami juga tidak tahu penyebab kenaikan harga bawang ini ada hubungan dengan kenaikan BBM atau adanya gagal panen dari petani bawang di sejumlah daerah,” kata Gina, penjual bawang dipasar Musi Tebing Tinggi.

Dikatakanya, kenaikan harga bawang ini memang kerap terjadi disaat menjelang bulan ramadhan karena permintaan dibulan ini cukup tinggi. Selain itu kenaikan harga bawang ini juga terjadi ditingkat agen, jadi mau tidak mau pedagang yang berada dipasar menuruti harga agen agar tidak merugi.

“Setiap tahun memang seperti inilah harga bawang selalu naik, bahkan kenaikan ini belum separah yang terjadi ditahun lalu,” tambah Gina.

Menurutnya, walaupun kenaikan bawang merah ini terjadi sejak sepekan terakhir namun hal ini tidak mempengaruhi jumlah permintaan terbukti dari sebelum mengalami kenaikan dan setelah harga nik hampir sama banyaknya jumlh pembeli setiap harinya.

“Ya, kalau permintaan masih biasa tidak peningkatan, antara sebelum kenaikan harga dan setelah mengalami kenaikan,” ungkap wanita yang berjualan bawang sejak puluhan tahun dipasar Tebing Tinggi itu.

Selain bawang merah dan bawang putih harga kebutuhan pokok lain turut mengalami kenaikan adalah harga telur seharga Rp 38 ribu rupiah per karpet, sebelumnya harga telur hanya Rp 34 ribu rupiah.

 

Teks     : Saukani

Editor   : Muhammad MG

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *