Pilkades Dapil III, Satu Desa Sempat Ricuh

EMPAT LAWANG, KS – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak sistem e voting di wilayah III Kabupaten Empat Lawang, yakni Kecamatan Pendopo Barat dan Kecamatan Sikap Dalam, (30/5) sudah dilaksanakan.

Pilkades wilayah III ini berjalan kondusif tidak seperti Pilkades wilayah I dan II beberapa hari yang lalu.

Pantauan Kabar Sumatera dilapangan, beberapa desa di Kecamatan Pendopo Barat hingga siang aman dan kondusif. Sementara di Desa Bandar Aji, Kecamatan Sikap Dalam sekitar pukul
14.00 WIB masih melakukan pemilihan, di sana ada dua calon kades dan Pilkades terlihat aman dan kondusif.

Isu adanya kericuhan mulai terpantau sekitar pukul 15.30 WIB yakni di Desa Karang Anyar, Kecamatan Sikap Dalam. Team Elang dari aparat Polres Empat Lawang yang bersiaga di Kantor Camat Sikap Dalam langsung meluncur ke Desa Karang Anyar.
Beruntung suasana di desa tersebut cepat kondusif karena cepat didatangi Team Elang.

Informasinya kericuhan bukan karena Pilkades, melainkan masalah pribadi warga tersebut. “Bukan masalah Pilkades tapi masalah lain. Dendam pribadi, kebetulan bertemu saat pemilihan sehingga sempat ribut,” ujar salah satu warga Desa Karang Anyar kemarin.

Selanjutnya sekitar pukul  16.00 WIB di Desa Padu Raksa, Kecamatan Sikap Dalam saat perhitungan suara suasana sempat panas. Team Elang lalu berpindah lokasi, menuju desa tersebut.
Tidak ada kericuhan di desa itu hingga Pilkades selesai. Namun ada beberapa warga diduga tim sukses calon kades yang kalah langsung bubar ketika mengetahui hasil Pilkades.

Diketahui dari dua calon kades di Desa Padu Raksa yang memperoleh suara tinggi yakni Alex Sander sebanyak 513 suara sementara Zilmiati memperoleh suara 483. Suara kosong ada tiga suara.

Kasat Reskrim AKP Nanang Supriatna mengatakan Pilkades wilayah III kondusif. Sedangkan kericuhan di Desa Karang Anyar bukan masalah Pilkades. “Itu bukan masalah Pilkades. Untuk Pilkades di desa itu kondusif,” ujar Nanang yang sekaligus ketua Team Elang kemarin sekitar pukul
17.00 WIB.

Sementara Sekda Empat Lawang Burhansyah yang memantau Pilkades wilayah III mengatakan pelaksanaan Pilkades berjalan aman dan kondusif. “Setelah kami pantau semuanya berjalan kondusif,” kata Burhansyah sekitar pukul 16.00 WIB.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *