Aset Wisata di Pagaralam Minim Perawatan

PAGARALAM, KS – Sejumlah aset wisata yang ada di Bumi Besemah ini, tampaknya banyak tidak terawat dan kurang menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Pagaralam. Seperti Kompleks Vila Eks MTQ di kawasan Gunung Gare, ada  sejumlah fasilitas seperti aula, yang biasa digunakan untuk berbagai even penting pemerintah banyak mengalami kerusakan dan terkesan kotor. Misalnya bagian plafon aula banyak sudah jebol dan termasuk keberadaan toilet sudah tidak bisa digunakan lagi.

Kemudian fasilitas penerangan lampu taman, banyak pecah sejak beberapa tahun terakhir dan belum juga dilakukan perbaikan. Ironisnya, lokasi yang sebelumnya pernah dijadikan ajang MTQ tingkat Provinsi itu, kini menjadi tempat berkumpulnya pasangan muda-mudi hingga malam hari.

Dailumi (48), warga Pagaralam Selatan mengatakan, padahal Bumi Besemah ini menjadi salah satu kota tujuan wisata (tourist destinastion) andalan Sumatera Selatan, tapi sejumlah aset wisata yang ada kurang menjadi perhatian serius pemerintah setempat.

“Perawatan dan perbaikan sejumlah aset yang ada tampaknya tak begitu mendapatkan perhatian serius dari Pemkot Pagaralam,” keluhnya, kemarin.

Ditambahkan Ahmah Ali Lekat, salah seorang pengunjung berujar, bila beberapa kerusakan fasilitas yang ada tidak menjadi perhatian Pemkot Pagaralam ataupun pihak terkait, tentunya lokasi yang ada dinilai tidak begitu memberikan kenyamanan bagi para pengunjung baik wisatawan lokal ataupun luar.

“Memang sebagian aset wisata yang ada di Bumi Besemah  ini minim perawatan dan kurang mendapat perhatian serius dari pihak terkait,” ujarnya.

sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Pagaralam, Drs Samsul Bahri Burlian MSi mengatakan, sejauh  ini pihaknya tengah berupaya melakukan pendataan terhadap sejumlah kawasan objek wisata yang ada di Kota Pagaralam.

“Setelah dilakukan pendataan terhadap sejumlah objek wisata yang ada, selanjutnya akan dilakukan perbaikan secara bertahap,” singkatnya.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Imron Supriyadi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *