Klinik Pratama Tangani 14 Mantan Pecandu Narkoba

PAGARALAM, KS–Beroperasi sejak Maret 2015 lalu, keberadaan pusat rehabilitasi klinik pratama Kota Pagaralam yang khusus menangani  para mantan pecandu narkotika dan obat-obatan berbahaya (narkoba),  sejauh ini telah membina 14 pasien. Hal itu dikemukakan, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) setempat, Sudran Gafar SSos MM melalui Psikolog Klinik Muhammad Wujud, kemarin.

Menurutnya, para mantan pemakai dan pecandu dimaksud saat ini telah mengikuti  terapi khusus  yang dilaksanakan sebanyak 8 hingga 12 kali pertemuan.

“Mereka yang direhabilitasi di klinik ini, lazimnya ketika pertama kali diantar pihak keluarganya masih dalam kondisi berantakan dan kacau. Meski begitu, setelah mereka mengikuti terapi di klinik, banyak perubahan drastis ke arah lebih baik lagi,” ujarnya.

Untuk progress drastis dari 8 kali atau lebih pertemuan itu, kata dia, semakin menimbulkan kejutan yang tidak terduga. Bahkan diakui wujud proses pengembalian kondisi seringkali di luar dugaan.

“Ternyata keinginan mereka untuk sembuh membuat kemajuan yang begitu maksimal,” jelasnya seraya berujar dalam terapi yang digunakan yakni menggunakan terapi kognitif (cognitive behaviour therapy) ketimbang hipnoterapi.

Ia mengatakan, untuk terapi dengan kesadaran lebih efektif bagi kesembuhan. Apalagi para pengguna dimaksud sangat rentan kembali memakai dan hal itu tergantung kepada diri mereka sendiri.

“Diadakannya terapi grup dan pendampingan ini sangat penting dan berguna, tapi yang lebih penting lagi adalah kemauan diri sendiri untuk sembuh ditambah dukungan dan pengawasan keluarga dan lingkungan,” jelasnya seraya menegaskan sangat percuma bila mereka tidak menguatkan tekad untuk tidak mengulangi lagi.

Teks: Antoni Stefen

Editor : Imron Supriyadi




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *