DP3KP Terapkan Sistem Tanam Jajar Legowo

EMPAT LAWANG, KS – Guna meningkatkan hasil produksi pertanian di Kabupaten Empat Lawang, beberapa upaya dilakukan oleh Dinas Peternakan Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DP3KP). Salah satunya, dengan menerapkan sistem tanam padi jajar legowo.

Sistem tanam ini diterapkan, mengingat banyak sekali keutungan para petani dalam meningkatkan hasil panen. Karena dengan pola tanam seperti itu bisa mengurangi hama tikus dan juga hemat penggunaan pupuk.

“Kita sudah lama menerapkan sistem pola tanam jajar legowo, karena banyak sekali keuntungan hasil panen meningkat, penggunaan pupuk sedikit dan juga bisa mengurangi hama,” jelas Kepala Dinas Peternakan Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan (DP3KP) Empat Lawang, Rudianto, melalui Kabid Pertanian Yuli Yetti, kemarin (29/5).

Pada awalnya imbuh Yuli, memang merasa kesulitan memperkenalkan sistem pola tanam padi baru. Sebab, biasanya petani kita itu sangat susah menerima hal-hal baru. Namun setelah melakukan pendekatan dan melakukan sosialisasi terhadap keuntungan menggunakan sistem pola tanam ini. Akhirnya para petani bisa menerima dan ingin menerapkan pola tanam padi.

“Awalnya para petani tidak mau merubah pola tanam, ya kita upayakan semaksimal mungkin meyakinkan petani dan akhirnya petani bisa menerima, serta ingin menggunakan pola tanam tersebut, “kata Yuli.

Untuk saat ini katanya lagi, baru didua Kecamatan yang kita anjurkan sistem polah tanam jajar legowo ini seperti Kecamatan Tebing Tinggi dan Kecamatan Saling. “Baru dua Kecamatan yang kita anjurkan, namun secara bertahap seluruh kecamatan nantinya akan kita anjurkan menggunakan polah tanam jajar legowo,” tukasnya.

Teks : Saukani

Editor : Imron Supriyadi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *