Satu SKPD Belum Diperiksa

EMPAT LAWANG, KS- Kejaksaan Negeri (Kejari) Tebing Tinggi sudah melakukan pemeriksaan terhadap lima satuan kerja perangkat daerah (SKPD) atau dinas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Empat Lawang. Pemeriksaan itu terkait laporan dugaan penyimpangan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2013.

Kepala Kejari (Kajari) Tebing Tinggi Azwad Z Hakim mengatakan, dari enam SKPD yang diperiksa, tinggal satu satker yang belum diperiksa untuk dimintai keterangannya. “Hanya satu SKPD yang belum dimintaiketerangan karena jabatannya sudah ganti. Ketika kami datangi belum lama ini dia sedang DL,” ujar Azwad, kemarin.

Hasil dari pemeriksaan kelima satker, Azwad belum bisa menjelaskan karena masih dalam proses atau masih dalam pra lidik. Namun pihaknya harus menyelesaikan pemeriksaan hingga menemukan titik akhir yakni apakah terbukti atau tidak melakukan penyimpangan Dipa.

“Ini harus tuntas. Dealinenya 30 hari setelah pemeriksaan selesai,” katanya. Pihaknya juga tidak melakukan pemanggilan namun datang langsung ke satker-satker tersebut.
Azwad juga menjelaskan dalam pengaduan pelapor ada sembilan pengaduan dalam satu surat. Diantaranya delapan pengaduan terhadap enam satker terkait Dipa setahun di tahun 2013.

“Di dalam satu pengaduan ada yang dua satker. Pengaduan lainnya laporan terhadap oknum yang melakukan galian C tanpa izin dan satunya lagi oknum pribadi sudah tahap lid,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, enam Kadis di jajaran Pemkab Empat Lawang akan dipanggil Kejari Tebing Tinggi. Pemanggilan tersebut terkait adanya dugaan penggunaan anggaran di masing-masing dinas yang dipimpinnya.

Selain kadis, juga ada Pegawai Negeri Sipil (PNS) biasa terkait masalah penerimaan PNS baru dan satu orang Kepala Desa (Kades) di wilayah Kecamatan Lintang Kanan.
Jika memang ada indikasi penyimpangan maka akan dilakukan penindakan sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

ILUSTRASI : GOOGLE IMAGE

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *