Pilkades Wilayah II Kondusif

EMPAT LAWANG, KS – Pemilihan kepala desa (Pilkades) wilayah II Kecamatan Ulu Musi dan Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Rabu (27/5) berjalan kondusif tidak ada kericuhan. Berbeda dengan Pilkades hari pertama di Kecamatan Muara Pinang dan Kecamatan Lintang Kanan, Senin (25/5) lalu yang terjadi kericuhan di beberapa desa.

Pantauan koran ini, Pilkades Muara Betung, Kecamatan Ulu Musi dengan dua calon kades terlihat lancar. Sama halnya Pilkades di Desa Air Kelinsar, Kecamatan Ulu Musi juga terlihat lancar. Sementara di beberapa desa di Kecamatan Paiker juga terlihat kondusif.

Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri (HBA) ketika meninjau Pilkades di Kecamatan Ulu Musi dan Paiker bersama rombongan mengatakan, Pilkades hari ini (kemarin,red) kondusif dan diharapkan hingga perhitungan suara nanti tetap kondusif.
“Persiapan Pilkades hari ini (kemarin,red) tidak ada kendala. Suasana juga kondusif. Diharapkan hingga perhitungan tetap kondusif,” ujar HBA.

Ia menambahkan Pilkades di Desa Pajar Menang, Kecamatan Muara Pinang yang ada sedikit kericuhan dan massa menahan kotak audit sebenarnya hasil perhitungan komputer dengan kotak audit tetap sama.

“Kalau dibandingkan dengan mata pilih salah. Sebab data yang benar itu ada dibilik suara,” jelasnya.
Semestinya, pemilih yang akan melakukan pemilihan harus tanda tangan dulu sebelum memilih calon kades. Selanjutnya datang ke bilik suara untuk memilih calon kades pilihannya. “Kalau seperti itu salah karena mata pilihnya tidak teratur‎,” kata HBA sembari menunjuk para pemilih di depan meja pendaftaran Pilkades Air Kelinsar.

“Kalau pemilih hanya dipanggil saja terkadang tidak teratur. Itulah sering terjadi pengelembungan suara. Tapi sebenarnya hasil dari komputer sudah benar dan kotak audit sebagai bukti manualnya,”tukasnya.

TEKS/FOTO : SAUKANI
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *