Persiapan Revitalisasi Rusun 24 Ilir, Sudah Masuk Tahapan Bentuk Pokja

Palembang – Manager Perum Prumnas Palembang Rahmat Dwi Cahyono menilai, rumah susun (rusun) yang ada di kawasan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil, sudah sewajarnya dilakukan peremajaan mengingat usai bangunan yang sudah tua.

“Kalau tidak segera di renovasi, takutnya terjadi apa-apa. Nah, hal itu jangan sampai terjadi, apalagi sampai ada korban jiwa, namanya bangunan pasti ada umurnya, artinya harus direvitalisasi,”ungkapnya, Rabu (20/5).

Rahmat mengatakan, untuk melakukan revitalisasi rusun tersebut, pihaknya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, 22 April lalu, saat ini pihaknya tengah menyiapkan tim pokja untuk melakukan sosialisasi kepada pemilik rusun.

“Setelah tim sudah terbentuk, kita akan segera lakukan sosialisasi. Nanti tim itu terdiri dari Perum Perumnas, Kepala Dinas yang ada dilingkungan Pemkot Palembang dan beberapa pihak terkait lainnya,”katanya.

Rahmat menjelaskan, bangunan rusun tersebut merupaka hak milik. Namun, tanah bangunan rusun itu hak guna bangun (HGB) diatas HPL Perum Perumnas yang telah habis HGB nya tahun 2013 lalu.

“Jadi, ketika HGB nya habis. Maka haknya kembali kepada pemilik HPL dalam hal ini Prum Perumnas,”bebernya.

Untuk kepemilikan rusun, sambung Rahmad pihaknya akan utamakan pemilik rusun. Mengingat mereka punya hak milik bangunan.

“Jadi, bangunan mereka sekarang 18 meter persegi, kami akan ganti juga dengan ukuran yang sama. Kalau soal bentuk, apakah ada biaya tambahan atau tidak, kami belum bisa jelaskan untuk sekarang,”katanya.

Ditanya kapan renovasi akan dilakukan, kata rahmat secepatnya, selain itu pihaknya juga berharap dalam pengurusan izin bisa dipercepat oleh pihak Pemkot Palembang.

“Rencananya rusun ini akan dibangun 20 lantai yang dilengkapi lift, dan pasilitas yang layak lainnya. Intinya harus lebih layak, kalau yang sekarang sudah tidak layal lagi, apalagi berada di jantung kota,”ulasnya.

Sementara itu, sebelumnya Plt Walikota Palembang, Harnojoyo berharap agar revitalisasi rusun 24 ilir tersebut dapat bisa segera dilakukan dan dapat disosialisasikan dengan baik.

“Setelah MoU ini tim bisa bergerak cepat. Lebih cepat lebih baik. Disosialisasikan, dan warga bisa dikasih uang sewa dan mencari tempat lain selama pembangunan dilakukan,”katanya.

Harnojoyo menambahkan, warga pemilik rusun tidak perlu khawatir. Karena bangunan mereka akan diganti dengan layak.

“Soal tempat relokasi, nanti bisa dicarikan solusinya,”tutupnya.

Teks : Trie Marsata

Editor : Imron Supriyadi

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *