Truk LPG 13 Ton Terguling

EMPAT LAWANG | KS – Diduga akibat rem blong, truk tangki pengangkut Liquefied Petroleum Gas (LPG) seberat 13 ton terguling di pinggir jalan. Tepatnya di salah satu tikungan Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalintengsum), Simpang Macang, Desa Muara Saling, Kecamatan Saling.

Beruntung dalam kecelakaan tunggal yang terjadi Sabtu (16/5) sekitar pukul 20.00 WIB itu sopir dan karnetnya selamat. Tangki LGP yang diangkut juga aman, tidak mengalami kebocoran. Hanya saja kaca depan dan kaca pintu kanan truk merk Hino plat kuning bernopol BE 9860 DP itu pecah.

Sopir truk Mahmudin (47) warga Palembang mengatakan truk tersebut diangkut dari Palembang dengan tujuan ke Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) di Kecamatan Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas. Sebelumnya dia juga sudah merasa jika rem kurang normal.

“Remnya Sempat kami stel di Tebing Tinggi. Ketika tiba di tikungan tajam itu tidak bisa karena laju kendaraan tidak melambat lalu terguling sampai ke pinggir jalan. Semuanya selamat dan LPG-nya juga tidak apa-apa,” ujar Mahmudin, Minggu (17/5) siang.

Diceritakannya, saat terguling kondisi jalan sedang sepi. Baik dari arah berlawanan maupun di arah yang sama. Hingga siang kemarin truk belum bisa dievakuasi karena masih menunggu bantuan. Sebab untuk mengevakuasi truk tersebut cukup sulit. “Belum bisa dievakuasi, sekarang masih menunggu bantuan,” jelasnya.

Sementara itu, Arman salah satu warga Kecamatan Saling yang berada di lokasi tersebut mengatakan, dahulu lokasi Simpang Macang memang rawan kecelakaan dan rawan kriminalitas seperti bajing loncat.

“Banyak kendaraan yang kecelakaan di tikungan itu dulu. Salah satu penyebabnya karena tikungan tajam dan sedikit menurun. bajing loncat juga sering dulu karena setiap kendaraan melintas pasti melambat. Itu memberi kesempatan para bajing loncat beraksi,”jelas Arman.

Secara terpisah Kepala Dishubkominfo Empat Lawang H Choiri Badri melalui Kabid Perhubungan Hasnanudin ketika dikonfirmasi, belum mengetahui adanya truk tangki LPG yang mengalami kecelakaan di Simpang Macang, Kecamatan Saling. “Belum tahu kalau ada truk yang terguling di sana,” tukasnya.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *