Puasa Masih Sebulan, Kebutuhan Pokok Sudah Naik

Palembang – Meskipun bulan puasa, masih sebulan lagi. Namun, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar-pasar tradisional di Kota Palembang sudah naik. Terutama untuk daging ayam potong, dari sebelumnya Rp 22-Rp 25 ribu per kilogram (kg), saat ini sudah naik menjadi Rp 30 ribu per kg.

Salah seorang pedagang di Pasar 10 Ulu Palembang, Sulastri (45) mengatakan, kenaikan harga daging ayam tersebut sudah terjadi semenjak sepekan terkahir. Kenaikan itu disebabkan semakin tingginya permintaan masyarakat akan daging ayam.

“Selain permintaan meningkat, pasokan daging ayam dari agen pemasok juga berkurang, yah secara otomatis harga akan naik,”katanya, Minggu (17/5).

Menurut Sulanstri, adanya kenaikan harga pada kebutuhan pokok tersebut, terutama daging ayam dan sapi sudah menjadi hal yang biasa menjelang bulan puasa. Hal itu, dikarenakan intensitas pembelinya semakin banyak.

“Kalau pembeli banyak, stok berkurang. Tapi walaupun harga tinggi, antusias masyarakat masih tetap tinggi,”katanya.

Ditempat yang sama, salah seorang konsumen daging ayam, Hadijah (40) mengatakan, kenaikan harga itu bukan hanya terjadi pada daging ayam saja. Tapi, juga pada cabai, minyak goreng dan lainnya.

“Sekarang cabai merah naik dari Rp 14 ribu menjadi Rp 28 ribu per kg, cabai rawit dari Rp 15 ribu menjadi Rp 30 ribu per kg, sementara untuk cabai keriting naik jadi Rp 20 ribu per kg, dari sebelumnya Rp 14-Rp17 ribu per kg,”bebernya.

Ia berharap, selama Ramadan Tahun ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang dapat turun tangan menstabilkan harga kebutuhan pokok.

“Harga naik ini menjadi beban bagi kami, buktinya sekrang, masih sebulan puasa. Sejumlah kebutuhan pokok sudah naik,”harapnya.

Terpisah, Kabid Perdagangan Dalam Negeri (PDN), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Palembang Juni Haslansi mengatakan, kenaikan kebutuhan pokok tersebut, karena tingginya permintaan.

“Kalau menedekati bulan puasa, permintaan yang tinggi adalah pada gula pasir. Tapi, untuk daging ayam, sapi maupun kebutuhan pokok lainnya juga naik, hal itu terjadi setiap tahun,”katanya.

Juni menambahkan, agar harga kebutuhan pokok tidak terus melambung tinggi. Pihaknya, akan rutin melakukan pengawasan di pasar-pasar tradisional di Metropolis.

“Kami prediksi, kenaikan harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan ini dikisaran 6 hingga 10 persen,”tutupnya.

TEKS : TRIE PUTRA
EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *