Pemkot Palembang Masih Layani Adm Wong Banyuasin

PALEMBANG, KS – Meskipun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) telah menetapkan 790 hektar lahan di Sungai Kedukan, Tegal Binangun masuk ke wilayah Kabupaten Banyuasin, tapi faktanya, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang tetap melayani masyarakat yang ingin mengurus administrasi ke kantor Camat Plaju.

Camat Plaju, Zanariah mengatakan pengurusan administrasi bagi warga Tegal Binangun tetap dilayani. Tidak ada penyetopan dalam pelayanan kepada masyarakat. Terutama masyarakat Tegal Binangun. “Tidak mungkin tidak dilayani, kasian. Kebanyakan dari mereka (warga Tegal Binangun) mengurus surat keterangan KTP sementara,”ungkapnya, Selasa (12/5/2015).

Menurut Zanariah, hingga sekarang belum ada kejelasan kawasan mana saja yang masuk ke wilayah Banyuasin atau Kota Palembang. “Berdasarkan informasi, nanti untuk pemasangan patok tapal batas akan dilakukan bersama-sama antara Pemkot Palembang dan Pemkab Banyuasin yang ditengahi oleh Pemprov Sumsel,” katanya.

Kalau pemasangan patok tapal batas sudah dilakukan, secara otomatis pelayanan akan dihentikan bagi masyarakat yang masuk ke dalam wilayah Banyuasin. “Untuk sekarang, kami tetap berikan pelayanan kepada semua masyarakat Banyuasin. Karena, mereka sebenarnya mempunyai indentitas sebagai masyarakat Kota Palembang,” ujarnya.

Terpisah, Wakil ketua DPRD Palembang Mulyadi mengatakan, sekarang masih dalam proses. Jadi, apabila masyarakat mengurus administrasi seperti membuat KTP sementara tetap dibenarkan. “Sah-sah saja, biarkan semuanya berproses dahulu. Kita tunggu saja keputusan, kan sudah di mediasi,”kata Politisi Demokrat ini, saat dihubungi, Selasa (12/5/2015).

Menurut Mulyadi, sudah menjadi kewajiban Pemkot Palembang dalam hal ini Kecamatan Plaju dalam melayani masyarakat. Apalagi, pengurusan administrasi yang sifatnya mendesak. “Kami berharap, semua pihak dapat menunggu hasil dahulu. Kalau soal administrasi itu sah-sah saja,” tegasnya.

TEKS : TRIE PUTRA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *