Empat Lawang Belum Miliki Perguruan Tinggi

EMPAT LAWANG, KS – Ratusan pelajar SMA, SMK dan MA di Kabupaten Empat Lawang yang saat ini menunggu kelulusan sudah banyak yang berencana melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang perguruan tinggi negeri (PTN) maupun perguruan tinggi swasta (PTS).

Namun dari ratusan pelajar yang lulus tahun 2015 ini, belum bisa melanjutkan ke perguruan tinggi di Kabupaten Empat Lawang.

Selain terkendala biaya dan kemauan, di Empat Lawang saat ini belum memiliki perguruan tinggi. Mereka yang hendak meneruskan pendidikan ke perguruan tinggi terpaksa ke luar daerah. Lagi-lagi biaya yang harus dikeluarkan cukup banyak karena selain biaya kuliah, mereka harus menyiapkan biaya lain seperti kontrakan, makan dan sebagainya.

“Tempat kuliah yang paling dekat dari Tebing Tinggi ini Lubuk Linggau dan Lahat. Sedangkan di Kecamatan Pendopo dan sekitarnya, tempat kuliah paling dekat di Pagaralam,” ujar Deki (17) salah satu remaja Tebing Tinggi dan salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Lubuk Linggau, kemarin.

Selain itu kata Deki, banyak juga remaja Empat Lawang yang melanjutkan kuliah di kota Palembang dan di Provinsi Bengkulu. “Kuliah di Bengkulu banyak juga karena Empat Lawang dekat dengan Bengkulu, apalagi di Kecamatan Paiker,” katanya.

Sementara itu sekertaris Komisi III DPRD Empat Lawang Mehmed Reza dari Fraksi PKB mengatakan, wacana untuk mendirikan perguruan tinggi di Empat Lawang sudah ada. Lokasinya direncanakan di kawasan Jl Noerdin Pandji (Poros Tebing Tinggi – Pendopo).

“Kami dari komisi III yang membidangi pendidikan akan mendorong perguruan tinggi di Empat Lawang. Di Empat Lawang ini baru ada Universitas Terbuka (UT) yakni di Kecamatan Pendopo,” kata Mehmed.

Lanjut Mehmed, pihaknya nanti akan memanggil pihak Dinas Pendidikan (Disdik) untuk membahas perguruan tinggi tersebut. “Nanti akan kami panggil secepatnya,”ucapnya.

Selain itu, salah satu dari Komisi III juga siap menghibahkan tanah miliknya di kawasan Kecamatan Saling. “Saya siap menghibahkan tahan  sekitar 3 hektar untuk dibangun perguruan tinggi,” aku Hariadi, anggota komisi III DPRD Empat Lawang.

TEKS : SAUKANI

EDITOR : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *