Tranmisi Rusak, Pelayanan Tertunda

Alat Rekam e-KTP / Foto : Google Image

Alat Rekam e-KTP / Foto : Google Image

PAGARALAM, KS – Ada saja hambatan dalam soal KTP. Kalau di OKU Selatan tersandung Akibat fungsi tranmisi yang menghubungkan server secara online mengalami gangguan, Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pagaralam, untuk sementara waktu tidak dapat melayani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-EL).

Dailumi (51), warga Perumnas Nendagung Pagaralam Selatan menuturkan bila dirinya sudah beberapa kali mendatangi Disdukcapil untuk keperluan membuat KTP. Namun pelayanan sementara waktu belum optimal. “Hampir sepekan terakhir menunggu pelayanan perekaman KTP-EL, namun dinas terkait belum membuka pelayanannya,” katanya.

Senada dikemukakan Ahmad Ali warga lainnya, guna memenuhi kebutuhan keluarganya yang membutuhkan kartu pengenal diri untuk syarat pendaftaran ke universitas, akhirnya terpaksa mengunakan KTP sementara. “Kalau pelayanan belum dibuka seperti sekarang ini, kami terpaksa meminta penerbitan KTP sementara yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Pagaralam,” ujarnya.

Terkait hal itu, Kepala Disdukcapil setempat, Rasydi Asin SH, melalui Kabid Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Pagaralam, Surono SE didampingi Kabid Catatan Sipil Nismili SE mengatakan, untuk sementara waktu pelayanan penerbitan KTP-El belum bisa dilayani hingga pekan depan. Mengingat tranmisi yang menghubungkan server secara online mengalami gangguan.

“Meski begitu, kita sudah koordinasi dengan pihak  Helpdesk KTP-El, terkait gangguan jaringan,” katanya seraya berujar gangguan dimaksud terjadi lantaran adanya pencurian kabel feeder radio DMR 5000 sepanjang 20 M di BTS di Pulau Pinang, Kebur dan Muara Sindang hingga fungsi  transmisi ke arah Pagaralam melemah.

Ia mengatakan, sejauh ini untuk jumlah kepemilikan KTP-El di Pagaralam hingga Januari 2015 sudah terdata. Sekitar 113.066 orang wajib KTP. Sementara jumlah tersebut  baru sekitar 83.993 keping yang sudah dicetak dan disebar di masyarakat di lima kecamatan se-Kota Pagaralam.

“Ya, ada sekitar 2.000 keping KTP-El sudah kita sebar sejak Januari 2015 lalu. Sementara di bulan April 2015 ini, baru kita drooping lagi sebanyak 2300 keping,” terangnya seraya berharap semoga kegiatan ini dapat berjalan sesuai rencana.
TEKS : ANTONI  STEFEN

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *