Hilangkan Kesan Seram, TPU Akan Dibuat Taman

Pemakaman umum | (VIVAnews/Muhamad Solihin)

Pemakaman umum | (VIVAnews/Muhamad Solihin)

PALEMBANG, KS – Untuk menghilangkan kesan angker maupun semberawut di Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Metropolis, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membangun taman disetiap TPU yang ada.

Kepala Dinas Tata Kota (DTK) Palembang Isnaini Madani mengatakan, kesan masyarakat terhadap TPU adalah seram dan angker. Dengan adanya taman, diharapkan menghilangkan kesan tersebut. Sehingga, TPU juga menjadi tempat untuk berkumpul. “Di Indonesia belum banyak yang menerapkannya. Jika sudah ada taman, maka TPU akan terlihat lebih asri, sehingga siapapun yang datang akan merasa nyaman. Dampak positif lainnya, tentunya lingkungan menjadi lebih tertata,” katanya.

Isnaini mengaku, untuk Detail Engenering Desain (DED) nya sudah dibuat. Dengan konsep taman yang dilengkapi dengan tempat santai atau gazebo, lampu penerangan, beranekaragam bunga dan lainnya. “Intinya akan benar-benar seperti taman, jadi kesan makam yang menyeramkan akan hilang dengan sendirinya ketika warga melihatnya,” katanya.

Sambungnya, karena biayanya cukup besar. Tahap awal akan di bangun di TPU Talang Kerikil atau TPU masyarakat Tionghoa. “Dananya, bukan dari APBD Kota Palembang, direncanakan dananya menggunakan dana CSR dari beberapa perusahaan untuk menjalankan proyek uji coba ini,” bebernya.

Isnaini menambahkan, Pemkot Palembang sudah berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan penambahan taman, guna mewujudkan ruang terbuka hijau (RTH). “Beberapa tahun tahun terakhir, kita gencar lakukan itu. Itu juga sebagai upaya kita untuk mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,” tegasnya.

TEKS : TRI PUTRA

EDITOR : IMRON SUPRIYADI

 

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *