Pemkot Pagaralam Tolak Wacana Penghapusan PBB

Ilustrasi | Dok KS

Ilustrasi | Dok KS

PAGARALAM – Terkait adanya wacana Pemerintah Pusat akan menghapuskan pajak bumi dan bangunan yang selama ini menjadi penghasilan asli daerah (PAD) Kota Pagaralam, Walikota Pagaralam Hj Ida Fitriati Basjuni menegaskan wacana tersebut akan mengurangi PAD dan mesti dikaji dan dipertimbangkan kembali.

Menurut Walikota, adanya wacana dimaksud hendaknya dipertimbangkan dan dikaji ulang, karena penghapusan sektor PBB itu tentunya dapat mengurangi PAD Kota Pagaralam.

“Jika sektor PBB memang dihapuskan, pastinya kita tetap akan menolak, mengingat hasil sektor pajak dimaksud akan dikembalikan untuk pembangunan Kota Pagaralam itu sendiri. Selain itu, termasuk pula permasalahan dana alokasi umum (DAU) pun akan menurun drastik hingga 40 persen,” paparnya seraya berharap agar pemerintah pusat dapat mempertimbagkan dan mengkaji ulang kembali, mengingat hal itu dapat menghilangkan penghasilan daerah.

Kendati demikian kata dia, PAD di Bumi Besemah ini sangat terbantu dari sektor PBB, mengingat penopang PAD yang ada sangat terbatas.

“Sektor PAD di Pagaralam sangat terbatas, tidak ada perusahaan, pertambangan dan lainnya. Untuk itu, mohon dipertimbangkan kembali agar wacana penghapusan sektor PBB oleh Pemerintah Pusat dapat dipertimbangkan kembali demi kemajuan sejumlah pembangunan di Bumi Pertiwi ini,” harapnya, kemarin.

 

TEKS       : ANTONI STEFEN

EDITOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com