Pemkab OI Siap Edarkan 12 Ribu Ton Raskin

Ilustrasi Gudang Beras | Net

Ilustrasi Gudang Beras | Ist

INDRALAYA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Ogan Ilir, melalui Bagian Perekonomian pada akan menyalurkan 12 ribu ton Beras Miskin (Raskin).

Hal tersebut diungkapkan Kabag Perekonomian. Kabupaten OI Helmi, MS, Jumat (27/2).

“Ya, saat ini stok beras Raskin yang ada di Bulog Palembang ada 12 ribu ton dan siap diedarkan,” paparnya.

Lanjutbnya, stok beras pada tahun 2015 untuk Kabupaten OI  sama halnya dengan pagu tahun 2014 yaitu sekitar 27.513 RTS (Rumah Tangga Sasaran) dan seperti biasa jatah untuk setiap RTS sebesar 15 KG.

“Sementara jatah raskin yang bisa diambil untuk Kabupaten OI yaitu dari Januari -Maret atau tiga bulan sudah siap diedarkan,” paparnya.

Lanjut Helmi, intinya setiap kecamatan sudah membayar langsung ke bulog beras bisa langsung dapat. Artinya, beras untuk jatah kabupaten OI kapanpun bisa diambil asal dibayar langsung ke rekening bulog Palembang.

Disinggung mengenai harga beras per kilonya, Helmy menjelaskan, untuk harga dari Bulog sebesar Rp1.300 per kg namun ditambah transportasi dari bulog ke titik ritribusi menjadi Rp1600/kgnya.

“Dari titik ritribusi di setiap kecamatan hingga ke setiap sasaran atau desa, juga ditambahkan biaya hingga ke RTS. Paling tidak dari titik ritribusi hingga ke RTS bisa mencapai Rp. 2300-2500 per kilogram, tergantung jauh dekatnya dari titik ritribusi ke RTS,” jelasnya.

Namun ditekankan oleh Helmi, jatah beras tidak boleh seluruh sasaran namun yang berhak menerima beras raskin tersebut adalah benar benar tepat sasaran.

“Yang berhak menerima tersebut yang benar benar nama yang tertera di kartu,” pungkansya.

 

Teks      : Junaedi Abdillah

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *