OKU Selatan “Surga” Buah-Buahan

pedagang Pedagang buah manggis di pinggir jalan yang mulai ramai di sepanjang jalan menuju Muaradua. | Dok KS

pedagang Pedagang buah manggis di pinggir jalan yang mulai ramai di sepanjang jalan menuju Muaradua. | Dok KS

OKU Selatan – Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan merupakan surga buah-buahan. Bagaimana tidak, di Bumi Serasan Seandanan ini, banyak sekali kita temukan buah-buahan yang umurnya bisa puluhan tahun dan merupakan tanaman asli khas Indonesia. Dan memiliki rasa yang khas dan yang pasti juga menggandung sejuta manfaat.

Tak hanya menghasilkan buah durian, rambutan, duku dan mangga, namun juga manggis, dihasilkan oleh daerah ini. Buah yang berkulit hitam namun isinya putih ini, saat ini mudah dan banyak ditemui di pinggir jalan lintas Muaradua.

”Buah manggis ini enak, meskipun kulitnya hitam namun isinya putih dan manis rasanya. Biasanya kita setiap musim buah manggis, kita menjualnya di sini (tepi jalan),” ujar Rasinem (60), salah seorang pedagang buah manggis di tepi jalan lintas Muaradua-Simpang.

Buah manggis ini dijual Rasinem untuk satu rentengnya, berisi 6 buah manggis, dihargai sebesar Rp5 ribu. Yang mencengangkan adalah pohon manggis ini baru bisa berbuah setelah berumur 15 tahun.

Dapat dibayangkan kalo tahun 2015 orang mulai menanam pohon manggis ini dan baru tahun 2030 nanti, bisa menikmati buahnya. Untung saja saat ini tanpa menanam pohonnya bisa menikmati si hitam manis ini, cukup hanya mengeluarkan uang 5 ribu rupiah saja.

Ternyata, buah manggis ini sering disebut dengan ratu buah. Alasannya, karena sangat kaya akan manfaat serta dapat mengobati dan mencegah berbagai penyakit berbahaya.

Di dalam buah manggis terkandung zat super xanthones (anti oksidan), termasuk polikasanida, cathechins dan polyphenols (bahan anti bakteri).

Dan juga mengandung vitamin yaitu vitamin C, B, dan B2 dan mengandung mineral yaitu zat besi, niasin, protein, serat fiber dan kalsium.

Selain itu, buah manggis ini menggandung 15 manfaat bagi kesehatan manusia yaitu mencegah kanker, menggurangi rasa sakit, mencegah infeksi, kaya antioksidan, untuk tekanan darah tinggi, mencegah penyakit alzheimer/parkinson, menghilangkan alergi, menjaga kesehatan usus, menjaga ksehatan otak, mengatasi katarak, mengatasi sakit kepala karena migrain, menggurangi stres/depresi, kolesterol, obesitas dan penuaan Dini.

TEKS : FITRI

EDITOR : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *