Waspadai Penipuan Via SMS dan Telepon Atas Nama Pejabat BKD

Ilustrasi SMS | Ist

Ilustrasi SMS | Ist

Para pegawai di lingkungan Pemkab Muaraenim mesti waspada, karena dalam beberapa pekan terakhir beredar SMS dan telepon yang mengatasnamakan pejabat di Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Muaraenim yang meminta data tenaga honorer untuk pengangkatan menjadi CPNS. Dimana, nantinya meminta sejumlah uang.

Berdasarkan pantauan Kabar Sumatera di lapangan, kemarin (25/2), ada beberapa Kepala Sekolah yang telah mendapat SMS dan telepon tersebut diantaranya Kepsek SMA N 1 Lembak, Kepsek SMA N 1 Gelumbang dan guru-guru SMP di Kecamatan Rambang dan Lubai.

Informasi terkait adanya SMS dan telepon penipuan tersebut sudah diterima BKD Muaraenim. Dimana, BKD Muaraenim tidak pernah memberikan informasi dan pengumuman melalui SMS dan telepon melainkan melalui surat resmi.

“SMS dan telepon mengenai akan adanya pengangkatan CPNS itu tidak benar dan merupakan penipuan. Kita tidak pernah memberikan informasi melalui sms atau telpon, melainkan melalui surat resmi,” tutur  Kepala BKD Kabupaten Muaraenim, Hj Herawati SH melalui Kasubit Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai BKD Muaraenim, Romza Aidi SH, di ruang kerjanya, kemarin (25/2).

Romza menerangkan, Bupati Muaraenim Ir Muzakir Saisohar tertanggal 26 Juli 2014 lalu telah mengeluarkan Surat Edaran nomor 800/695/BKD-3/2014 mengenai kewaspadaan akan adanya oknum, yang menjanjikan dapat mengangkat CPNS melalui pelamar umum maupun tenaga honorer.

Mereka mengatasnakaman pejabat pemerintah Kabupaten Muaraenim atau mengaku sebagai Pejabat Kementerian Penadayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI dengan meminta uang dan di transfer melalui ATM

Tindakan dengan modus tersebut, kata dia, suatu bentuk penipuan dan penyalahgunaan  dengan motif mencari keuntungan pribadi. Perbuatan tersebut sangat merugikan nama baik BKD Kabupaten Muaraenim, Kemen-PAN dan RB RI Serta BKN.

“Untuk menghindari kerugian materi dari oknum pelaku yang tidak bertanggung jawab. Informasi ini agar dapat disebarluaskan kepada semua lapisan masyarakat dan untuk melakukan konfirmasi ke BKD Muaraenim melalui No Telp 0734-424557 atas kebenaran informasi yang didapat atau bahkan bisa dilaporkan kepada pihak yang berwajib,” ucapnya.

 

TEKS          : SISWANTO

EDITOR      : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *