Pergub Sumsel Tentang “Speed Boat” Tengah Dikaji

Ilustrasi Speedboat | Dok KS

Ilustrasi Speedboat | Dok KS

PALEMBANG – Penyusunan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang standar keselamatan dan keamanan moda transportasi perairan, masih dalam tahap penggodokan. Peraturan ini segera diinstruksikan oleh Gubernur Sumsel pasca adanya kejadian kecelakaan speedboat yang menelan banyak nyawa beberapa waktu lalu.

Kepala Biro Hukum dan HAM Pemprov Sumsel, Ardani mengatakan, pihaknya telah menerima draft pergub, yang telah dirancang sebelumnya oleh Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Sumsel.

“Draft yang diajukan Dishub baru masuk kemarin (Selasa). Pihak kami saat ini sedang memelajari dan mengaji pergub ini,” tuturnya saat dihubungi melalui sambungan telepon, Rabu (25/2).

Ia menjelaskan, Pergub merupakan regulasi yang bersifat pengaturan. Berbeda dengan Surat Keputusan (SK) yang sifatnya penetapan. Jadi, proses pengajian Pergub lebih lama daripada SK.

“Kira-kira 2-3 hari ke depan, Pergub akan diserahkan kepada gubernur untuk disahkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dishubkominfo, Nasrun Umar berujar, pihaknya telah mengajukan rancangan pergub yang akan mengatur standar keselamatan penumpang pada moda transportasi perairan. Beberapa poin yang akan diatur di dalam pergub itu antara lain, standar desain kapal, kelengkapan sarana dan prasarana, serta kelengkapan dokumen perizinan.

“Juga pada bab empat, tertera tentang aturan peralihan izin usaha transportasi air, dan sebagainya. Sudah kita ajukan kepada Biro Hukum, tinggal kita tunggu proses selanjutnya,” jelas Nasrun.

Sebelumnya, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengatakan, dalam pergub transportasi air ini akan diatur tentang standar keselamatan transportasi air dan sistem manifest penumpang di transportasi air.

Manifest penumpang adalah sebuah daftar atau dokumen yang berisikan semua data-data penumpang. Saat ini, manifest penumpang baru lazim ditemukan di maskapai penerbangan, transportasi darat Angkutan Kota Antar Provinsi (AKAP), ataupun agen-agen travel besar. Selain itu, manifest pun berguna untuk melakukan verifikasi klaim asuransi jika terjadi kecelakaan.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *