Mesin Manual Hasilkan Batu Akik Bernilai

Yusrizal, pengrajin asal Tanjung Batu sedang melakukan asah batu akik. | Dok KS

Yusrizal, Pengrajin asal Tanjung Batu sedang melakukan asah batu akik. | Dok KS

INDERALAYA – Para penggila batu cincin di Kabupaten Ogan Ilir (OI), khususnya di Kecamatan Tanjung Batu tidak perlu lagi untuk sulit mencari tempat asah batu yang bisa menghasilkan bentuk batu berkualitas.

Beralamat di Jalan SD Teladan, Kelurahan Tanjung Batu Timur, Kecamatan Tanjung Batu, banyak para pengemar aksesoris jari ini biasa berkumpul.

Aktivitas yang terlihat pun sangat beragam mulai dari mengasah batu, sampai menyempurnakan bentuk batu pajangan.

Yusrizal (35), sang pemilik mengatakan, ide awal membuka asah batu secara manual dipicu meningkatnya pasar batu cincin dipasaran, bukan hanya di Sumsel, melainkan di Indonesia.

“Ya, kita coba cari peluang untuk meraih keuntungan. Sekarang permintaan batu cincin sedang naik. Untuk itu kita coba membuka asah batu untuk manfaatkan peluang,” ujar Yus, kemarin.

Ia menambahkan, hanya bermodal alat mengasah yakni gerinda dan seperangkat mesin diesel setiap hari dihasilkan lebih dari 10 batu yang terasah.

“Koleksi batu siap pakai pun cukup beragam seperti Akik, Teratai Lipan, Jombong, Tapak Jalak, Spritus, Nogosuwi, Ijou Lumut, dan Panca Warna,” tuturnya.

Lanjut Yus, selain menerima jasa asah batu, ditempatnya juga menjual segala jenis batu cincin dengan harga bervariasi mulai dari Rp 50.000-Rp 3.000.000.

“Saya berharap usaha ini dapat terus berjalan walaupun dengan keterbatasan dan maupun fasilitas yang tersedia,” harapnya,

 

 

Teks     : Subhan Noviandi

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *