Jalan Rusak Parah, Warga Empat Lawang Tagih Janji Alex Noerdin

Jalan provinsi di Empat Lawang banyak lubang, bahkan lubang tersebut digenangi air layaknya kolam ikan, | Dok KS

Jalan Provinsi di Empat Lawang banyak lubang, bahkan lubang tersebut digenangi air layaknya Kolam Ikan, | Dok KS

EMPAT LAWANG – Puluhan titik jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang rusak parah. Bahkan ada kesan banyak “kolam ikan” karena air menggenangi lubang-lubang besar di badan jalan.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, kerusakan badan jalan seperti lubang, amblas dan rumput tebas bayang. Beberapa titik seperti di Kecamatan Pendopo Barat, Ulu Musi, Lintang Kanan dan Muara Pinang akses menuju Kota Pagaralam dan Provinsi Bengkulu cukup menghawatirkan.

Beberapa titik lubang dengan lebar beberapa meter dan kedalaman sekitar 20 centimeter di kecamatan Muara Pinang, di sisi lain akses menuju Kecamatan Ulu Musi, Tebing Tinggi, Talang Padang dan Pendopo Barat ditutupi tebas banyak dan rawan terjadi longsor. Selain membahayakan, kerusakan jalan berpotensi terjadinya kriminalitas.

“Ndok, alangke banyako tebat (kolam ikan, red) di jalan provinsi ni, ujio nak diiloki. Ngelebok so Alex ru ikaso,” cetus Edi (42) dengan logat khas Lintang Empat Lawang.

Warga Empat Lawang, katanya, menagih janji Gubernur Sumatera Selatan H Alex Noerdin. Sebagai putra asli Empat Lawang, sudah sewajarnya jika ada perhatian khususnya pembangunan akses baik jalan, jembatan dan infrastruktur lainnya.

“Mano janjio,” ujarnya.

Senada itu Kus (30) warga Pendopo, mengaku akses provinsi menuju ke Kota Pagaralam banyak lubang. Apalagi kalau musim penghujan, kendaraan kesulitan melintasi lubang-lubang besar berisi air seperti kolam.

“Harusnya diperbaiki serius, jangan cuma ditambal-tambal terus. Karena kondisi jalan berpengaruh pada perekonomian daerah,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Bina Marga (BM) Empat Lawang, H Fauzi melalui Sekretaris Yusron Fauzi mengakui, banyaknya kerusakan pada jalan provinsi di Kabupaten Empat Lawang.

Menurut Yusron, kerusakan badan jalan dikarenakan banyaknya genangan air dari perbukitan, sementara drainase tidak berfungsi maksimal. Bahkan memang masih kekurangan drainase.

“Ya memang banyak rusak, hampir 50 persen rusak jalan provinsi,” jelas Yusron.

Langkah ke depan, aku Yusron, pihaknya sudah melakukan pendataan kondisi jalan Kabupaten, Jalan Provinsi dan Nasional di Empat Lawang. Tercatat, Jalan Provinsi di Empat Lawang ada empat jalur yaitu Tebing Tinggi-Tanjung Raye, Tebing Tingg- Pagaralam, Talang Padang-Padang Tepong dan Talang Padang – Kepayang. Rata-rata kerusakan yaitu lubang, longsor dan tebas bayang.

“Lubangnya memang banyak sudah parah, kita sudah cek semua,” bebernya.

Nah, hasil pendataan akan kami laporkan ke Pemerintah Provinsi Sumsel melalui Dinas PU Bina Marga. Selama ini dilakukan tambal sulam saja, kalau bisa nanti juga akan diajukan pengaspalan ulang.

“Kita ajukan pengaspalan ulang, tambal dan pembangunan drainase. Selain itu diminta juga perbaikan tembok penahan dan beronjong di DAS musi,” tukasnya.

 

TEKS       : SAUKANI

EDITOR   : FJ ADJONG

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *