Sumsel Desak Pemerintah Setujui Residen Abdul Rozak jadi Pahlawan Nasional

Pengibaran bendera merah putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Ilustrasi | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel terus mengupayakan Pejuang asal Sumsel, yakni Residen Abdul Rozak untuk dijadikan sebagai pahlawan nasional kepada pemerintah pusat.

Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin mengungkapkan, Pemprov Sumsel sebetulnya sudah lama mengajukan Residen Abdul Rozak sebagai pahlawan nasional. Namun, pemerintah pusat sendiri belum memutuskan permintaan ini.

“Keputusannya sendiri dari pusat yang memberikan gelar menjadi pahlawan nasional. Kalau kita dari pemerintah daerah sendiri sebetulnya sudah lama mengusulkan Abdul Rozak menjadi pahlawan nasional. Sebab itu, kita akan lakukan lobi lagi ke pusat agar usulan ini segera terwujud,” kata Alex usai menerima Ketua DHD 45 Prov. Sumsel sehubungan dengan akan mengadakan kegiatan Seminar Calon Pahlawan Nasional Residen H. Abdul Rozak, di ruang kerjanya, Selasa (24/2).

Mengapa usulan ini terus dilakukan Pemprov Sumsel, sampai Alex, karena Abdul Rozak merupakan sosok pejuang yang jadi panutan pada masa kolonial terdahulu. Serta memperjuangkan kemerdekaan RI secara habis-habisan dari para penjajah. Dengan semua perjuangannya itu, Pemprov menilai Abdul Rozak sangat tepat ditetapkan sebagai pahlawan nasional.

“Keberadaan NKRI saat ini tidak lepas dari segala perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan terdahulu. Peran pahlawan yang mengorbankan jiwa raga, harta, darah, bahkan nyawa sekalipun demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan,” kata Alex.

Alex menambahkan, pada 10 Maret mendatang DHD Sumsel Angkatan 45 dan Pemprov Sumsel akan menggelar seminar yang membahas lebih dalam lagi tentang Abdul Rozak.

“Mudah-mudahan pada tahun ini juga usulan tersebut segera diterima dan disetujui oleh pihak pusat,” ujar Alex.

Sementara, putri dari Abdul Rozak, Delima Tatung mengatakan, kedatangannya ke sini selain mewakili DHD 45, juga meminta pihak Pemprov untuk terus mengupayakan orangtuanya menjadi pahlawan nasional.

“Kami membahas perbincangan mengenai orangtua kami, yaitu Residen Abdul Rozak yang diusulkan pemerintah menjadi pahlawan nasional. Pak Alex sangat mendukung karena ia akan menindaklanjutinya lagi ke pemerintah pusat,” ujar Delima putri dari Residen Abdul Rozak ke-7 dari 19 bersaudara ini.

Delima sendiri mengakui, jika proses dan persyaratan sebagai pahlawan nasional tersebut cukup memakan waktu. Tetapi, ia berharap prosesnya bisa secepat yang diinginkan olehnya dan masyarakat Sumsel pada umumnya.

“Ayah kami dulu merupakan seorang pejuang kemerdekaan. Dengan dibantu oleh pejuang-pejuang yang lain, kemerdekaan Indonesia mampu didapat dari tangan penjajah. Sejarah yang tidak terlupakan dalam perjuangannya, yaitu pada saat Perang 5 Hari 5 Malam di Palembang dahulu,” ucapnya.

Sebagai informasi, Abdul Rozak dilahirkan di Dusun Rasuan Marga Madang Suku I, Ogan Komering Ulu, pada 5 September 1891. Abdul Rozak adalah Residen (penguasa) Palembang yang mulai menjabat sejak 1 Januari 1947 menggantikan M Isa yang ditunjuk menjadi Gubernur Muda Sumsel.

Almarhum Djohan Hanafiah dalam tulisannya di sebuah media online menyebut, Abdul Rozak pejuang yang berperan dalam mempertahan kan kemerdekaan Indonesia. Dia memindahkan pusat pemerintahan keresidenan Palembang ke Lahat.

Di bawah kepemimpinan Abdul Rozak, Keresidenan Palembang terus dipertahankan, meskipun Gubernur Muda Sumatra Selatan Dr. Muhammad Isa ditangkap Belanda saat agresi pertamanya.

Keresidenan Palembang dibawah kepemimpinan Abdul Rozak mengalami beberapa kali perpindahan pemerintahannya selama di pedalaman. Abdul Rozak merupakan sosok penting penggalang kekuatan di pedalaman Sumatra Selatan terhadap kemerdekaan Indonesia. Banyak demang, pasirah, kerio, dirangkulnya untuk mendukung kemerdekaan Indonesia.

Kekuatan ini pula yang menghambat dukungan meluas terhadap pemerintahan “Negara Sumatera Selatan” yang dibentuk Belanda.

 

TEKS       : IMAM MAHFUZ

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com