400 Pecinta Batu Akik ikuti Lomba di Prabumulih

ILustrasi Batu Akik | Dok KS

ILustrasi Batu Akik | Dok KS

PRABUMULIH – Peminat batu akik sepertinya tidak habis-habisnya, malah makin hari makin bertambah. Apalagi semakin banyak batu yang ditemukan, baik itu batu asli maupun batu fosil yang berasal dari tumbuhan.

Dengan semakin banyaknya peminat batu akik dan batu mulia ini, salah satu komunitas pecinta batu akik yaitu Indonesia Gemstone Prabumulih mengadakan lomba batu akik dan batu mulia memperebutkan Piala Wali kota Prabumulih.

Sedikitnya tercatat enam provinsi dengan 400 peserta serta 500 batu yang dilombakan dengan 6 stan pameran yang diselenggarakan di Prabujaya Kecamatan Prabumulih Timur.

Dalam acara tersebut tampak para peserta sangat antusias menyaksikan pameran dan lomba yang diselenggarakan Indonesia Gemstone Prabumulih, karena para pengunjung bukan hanya dari kalangan pria saja tetapi juga banyak wanita serta anak yang hobi batu mulia dan batu Akik.

Menurut Ketua Panitia Indra Gunawan, para peserta ini diwajibkan memberikan batu untuk dilombakan kepada panitia dan penyelenggaraan lomba diadakan selama 3 hari serta penyelenggaraan batu akik bertujuan untuk mengangkat kehidupan masyarakat khususnya masyarakat kota Prabumulih.

Memberdayakan masyarakat dalam mengurangi pengangguran, menjalin silaturrahmi antar penggemar batu akik se Indonesia, dan meningkatkan PAD Kota Prabumulih yaitu dari adanya izin HO, SITU.

Juga adanya kepedulian Pemerintah Kota Prabumulih untuk menampung keberadaan para perajin dan penggemar batu akik agar ditempatkan di suatu tempat khusus batu akik.

Lebih lanjut Indra mengatakan bahwa yang mengikuti lomba yang memenangkan kontes ini akan mendapat tropi dari Wali Kota Prabumulih, mendapat piagam penghargaan dan mendapatkan uang pembinaan serta bagi pemenang akan diikut sertakan dalam kontes Grand Final best of the best di Jakarta, pungkasnya.

Susanto, salah seorang peserta yang juga anggota DPRD Kota Prabumulih mengatakan, dengan adanya penyelenggaraan kontes dan lomba batu akik ini diharapkan gairah warga untuk mencintai produk Indonesia akan semakin bertambah.

“Juga akan mengurangi pengangguran karena dengan berkurangnya pengangguran otomatis tingkat kejahatan juga akan semakin berkurang,” katanya.

Begitu juga Yan TH, salah seorang peserta yang mendirikan stan merasa senang dan bangga dengan adanya penyelenggaraan kontes dan lomba batu akik ini. Banyak warga yang berkreativitas untuk meningkatkan keahlian dalam hal mengenai batu karena semakin bagus asahan batu tersebut akan semakin mahal harganya.

 

TEKS          : IRSAN MATONDANG

EDITOR      : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *