Rp 2,8 Miliar untuk Perbaikan Jembatan di Metropolis

Pondasi Jembatan Roboh di Terusan Baru. | Dok KS

Ilustrasi Jembatan Rusak | Dok KS

PALEMBANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui, Dinas PUBM dan PSDA anggarkan dana sebesar Rp 2,8 miliar untuk perbaikan tiga jembatan yang ada di Metropolis. Kabid Bina Marga, Dinas PUBM dan PSDA Palembang Affan Mahali mengatakan, dana perbaikan itu merupakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Palembang tahun 2015. Menurutnya perbaikan jembatan itu sudah mendesak. Karena, rusaknya sudah cukup parah.

“Adapun lokasi ke tiga jembatan tersebut adalah, jembatan yang ada di Jalan Macan Lindungan dengan panjang 12 meter, jembatan di Borang tepatnya di arah Kelurahan Srimulya menuju Sukamulia dengan panjang 20-25 meter dan jembatan Lorong Sepakat Kecamatan Ilir Barat (IB) I dengan panjang 15 meter,”ungkapnya, Jum’at (20/2).

Affan menyebutkan, ketiga jembatan itu merupakan akses penghubung warga antar kelurahan. Apabila, kondisinya tidak layak. Maka, bisa berakibat terputusnya jalur perekonomian.

“Ya sudah layak untuk diperbaiki. Karena, itu akses penghubung warga,”sebutnya.

Affan mengaku, sebenarnya banyak warga yang mengajukan permohonan untuk perbaikan jembatan maupun jalan. Tapi, pihaknya utamakan jembatan maupun jalan yang sudah rusak parah dahulu.

“Anggaran kita terbatas, jadi yang skala prioritas diutamakan. Untuk pengajuan yang masuk tahun ini, akan di kerjakan tahun depan,”akunya.

Selain perbaikan tiga jembatan itu, kata Affan pihaknya juga akan melakukan perbaikan jalan yang tersebar di 16 Kecamatan di Metropolis, seperti, Kecamatan Ilir timur (IT) I, IT II, Ilir Barat (IB) I, IB II, Seberang Ulu (SU) I, SU II, Sukarame, Sako, Kemuning, Bukit Kecil, Kalidoni, Plaju, Kertapati, Gandus, Alang-Alang Lebar (AAL) dan Sematang Borang.

“Kecamatan yang paling besar menelan dana untuk perbaikan jalan adalah AAL, yakni Rp 9,4 miliar. Sementara total perbaikan jalan tahun 2015 ini adalah Rp 102 miliar,” katanya.

 

TEKS       : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *