Pasien DBD Didominasi Anak-anak

LUBUKLINGGAU – Jumlah pasien demam berdarah dengue (DBD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Sobirin di Lubuklinggau terus meningkat. Diprediksi jumlahnya akan mengalami penambahan dimana sepanjang Januari hingga Februari saat ini sudah tercatat 13 pasien kasus DBD.

Kepala RSUD dr Sobirin di Lubuklinggau, Dr Harun mengatakan, rata-rata pasien kasus DBD yang ditangani usianya masih tergolong anak-anak dan adapula lanjut usia (Lansia).

“Saat ini mengalami peningkatan karenan intensitas hujan terakhir belakangan cukup tinggi hingga menyebabkan banyak daerah yang tergenang air,” kata Harun.

Ditambahkannya, meski begitu kasus DBD yang ditangani pihaknya belum kategori wabah jika dibandingkan dengan daerah lain. Sebab, langkah penanganan sejak awal oleh instansi terkait cukup cepat sehingga dapat dicegah lebih dini.

Desember kemarin terdapat enam pasien kasus DBD, Januari delapan kasus dan Februari sampai sekarang lima kasus.

Ditambahkanya, sejumlah faktor penyebab terjadinya DBD disamping intensitas curah hujan tinggi terakhir belakangan. Diantaranya terjadi ditengah pemukiman padat penduduk, adanya genangan air dan keberadaan barang yang mudah menampung air hingga menjadi tempat jentik nyamuk tinggal.

“DBD itu tanda-tandanya demam tidak turun-turun, disertai sakit dihulu hati dan keluar bercak-bercak merah,” bebernya.

Sementara itu Direktur Rumah Sakit (RS) Siti Aisyah Lubuklinggau, Mast Idris mengakui memang ada sejumlah pasien kasus DBD yang ditangai oleh pihaknya.

“Ada yang ditangani, tapi saya tanya dulu ke Buk Retno datanya,” kata dia singkat.

Data yang dimiliki pihaknya menyebutkan, sepanjang tahun 2014 kemarin sebanyak 74 kasus DBD yang ditangani. Namun Staf RS Siti Aisyah, Retno tidak menjelaskan untuk kasus DBD di Januari hingga Februari tahun ini.

 

TEKS        : SRI PRADES

EDITOR     : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *