Hati-hati, Ada Calo BPJS !

PALEMBANG – Pihak BPJS akan menindak Tegas pencaloan yang ada di dalam maupun luar lingkup kantor BPJS. Banyaknya masyarakat yang belum sepenuhnya memahami bagaimana cara mendaftar ke BPJS, seringkali membuat sebagian masyarakat lebih memilih menggunakan orang kedua ataupun orang ketiga yang biasa disebut calo.

Namun, ada pula sebagian peserta BPJS yang mengeluhkan adanya calo yang selalu memberatkan mereka karena banyak nya biaya.

“Karena itu, kita himbau kepada masyarakat atau peserta BPJS, jangan sekali-kali terbius dengan bantuan yang akhirnya memberatkan,” kata Handaryo, Kepala Regional 3 BPJS Sumbagsel saat peresmian Kantor Cabang BPJS Kesehatan Palembang, Senin (16/2).

Lanjutnya, pendaftaran BPJS juga sudah dipermudah dengan adanya akses melalui internet, dan disetiap Kabupaten juga sudah ada cabangnya masing-masing.

“Kita sudah mempermudah cara pendaftaran dengan Online jika yang bersangkutan tidak sempat untuk datang kekantor,” ucapnya.

Sampai saat ini pihaknya blm pernah menemukan calo diluar maupun dalam lingkup BPJS sendiri, tetapi jika memang ditemukan pihaknya akan menindak tegas pelaku.

“Kita belum menemukan, jika kedapatan pastinya pertama akan dibuatkan pernyataan, jika masih bandel lansung kita laporkan. Jika ada orang dalam juga akan kita beri sanksi berat, mulai diberikan pekerjaan yang tidak baik, diperkecil gaji sampai sanksi terberatnya itu di pecat,” jelasnya.

Dalam peresmian ini Handaryo, juga menyampaikan tentang perenovasian kantor cabang yang dalam hal ini ada 9 kantor BPJS yang tersebar di beberapa kota. Yang secara simbolis peresmian ini dilakukan di BPJS kesehatan Sumsel cabang utama Palembang.

Menurut Handaryo, peresmian ini untuk meningkatkan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Indonesia.

“Saat ini ada 9 kantor yang kita resmikan, ada dua Kantor Oprasional dan tujuh Kantor Cabang. Dan peningkatan sarana dan prasarana ini juga diharapkan dapat menambah jumlah pendafta BPJS secara manual,” tuturnya.

Kantor cabang antara lain berada di Bekasi, Batam, Tanjung Pinang, Sumedang, Banda Aceh, dan Mataram. Sedangkan Kantor Layanan Kabupaten/Kota berada di Palembang, Wonosobo dan Cilacap.

Di Kantor Cabang Utama (KCU) Palembang sendiri mencakup beberapa wilayah seperti di Palembang, Musi Banyuasin, Banyuasin, Ogan Ilir dan Ogan Komering Ilir.

 

 

TEKS       : YUNI DANIATI

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *