CPNS Kuansing Riau Prajab di Lubuklinggau

LUBUKLINGGAU – Sedikitnya,74 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kabupaten Kuantan Sengigi (Kuansing) melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Pra Jabatan (Prajab) di Bandiklat Kota Lubuklinggau.

CPNS golongan III, II dan I dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Senggigi Provinsi Riau,ini melaksanakan diklat prajabatan di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Pendidikan dan Pelatihan Kota Lubuklinggau, senin kemarin.

Selain 74 peserta ini, terdapat dua CPNS dari Badan Pemeriksaan Obat dan Makanan dan satu orang dari Komisi Penyiaran Indonesia Sumsel. Dimana, golongan I 39 orang, golongan II 38 orang.

Diklat ini dibuka oleh Wakil Walikota,H Sulaiman Kohar , didampingi kepala Bandiklat Lubuklinggau H Tamri, kepala Badan Kepegawaian Kuantan Senggigi, Romli.

Kepala Bandiklat Lubuklinggau,H Tamri dalam sambutannya menyampaikan, diklat kali ini menerapkan pola baru berdasarkan keputusan Lembaga Adminitrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

“Juga dibantu instruktur kodim dan diberlakukan residensial dalam. Serta dididik oleh tenaga widyaiswara Lubuklinggau, instrtuktur kodim, pakar praktisi dan pejabat pemkot yang berkompeten,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Walikota,H Sulaiman Kohar mengatakan, tujuan dilaksanakan diklat adalah membentuk karakter dan disiplin, agar mampu memahami tupoksi sebagai PNS.

“Saya dapat laporan peserta kuantan adalah guru dan dokter. Mereka ini punya tugas mulia untuk mendidik dan memberi layanan kesehatan yang baik. Sering saya sampaikan kepada aparatur ketika seorang mengambil profesi PNS maka kita terikat dengan peraturan, ada hak kewajiban larangan dan sebagainya. Sadarkan diri kita bahwa terikat dengan aturan ini. Oleh karena itu taati aturan yang mengikat sebagai PNS,” papar wawako.

Dirinya menyampaikan, secara umum bahwa saat ini harus didorong memgubah mindset (dibaca mainset) tempo dulu, dimana sebagai PNS ada pikiran dulu bahwa PNS dilayani masyarakat tapi sekarang sebagai abdi dan pelayan masyarakat apalagi Lubuklinggau sudah ada motto senyum.

“Apalagi karena kita digaji dan dibiayai masyarakat maka ada imbal balik masyarakat untuk mendapatkan hak pelayanan,” jelasnya.

Wawako juga secara langsung menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Kuansing telah mempercayakan membina aparaturnya Lubuklinggau.

 

TEKS        : SRI PRADES

EDITOR    : FJ ADJONG


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *