Atasi Krisis Listrik, Pemkab OKU Selatan akan “Bangun” PLTA

Ilustrasi Listrik | Ist

Ilustrasi Listrik | Ist

MUARADUA – Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan akan membangun Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) untuk mengatasi masalah krisis listrik di Bumi Serasan Seandanan .

Kepala Bappeda Kabupaten OKU Selatan, Romzi, menjelaskan, tim engineering PT (Persero) PLN Pusat telah berkoordinasi pihak Bappeda Kabupaten OKU selatan untuk meminta izin untuk melakukan survei ke 2 daerah alternatif untuk pembangunan PLTA nantinya di Kabupaten OKU Selatan ini.

Daerah alternatif yang bakal menjadi lokasi pembangunan PLTA nantinya adalah Bagian Hilir Bendungan Niagara, Kecamatan Banding Agung atau di Desa Sukarami, Kecamatan Tiga Dihaji yang wacananya bakal dibangun waduk raksasa nantinya.

Rencana proyek PLTA tersebut tidaklah main-main, karena PLTA yang bakal dibangun nantinya adalah PLTA berkapasitas cukup besar yaitu 20×30 megawatt.

“Apabila proyek tersebut berhasil akan dapat memberikan penerangan bagi 60 ribu rumah yang ada di Bumi Serasan Seandanan ini,” katanya.

Wajar apabila Kabupaten OKU Selatan ini berencana membangun PLTA tersebut, karena letak geografis dan kondisi alam Kabupaten OKU Selatan ini mendukung pembangunan proyek PLTA ini.

Namun keberhasilan pembangunan proyrek ini tak terlepas dari kerja sama instansi terkait dan juga dukungan dari masyarakat Kabupaten OKU Selatan ini sendiri.

 

TEKS        : FITRI

EDITOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *