Palembang Kehilangan 170.069 Objek Pajak

PALEMBANG – Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Palembang Agus Kelana mengatakan, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Palembang, bisa berkurang jika Pemerintah Pusat benar-benar menghapuskan pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk rumah tinggal.

“Total objek pajak untuk PBB ini sekarang mencapai 312.575. Jika aturan ini diterapkan. Maka, kita akan kehilangan 170.069 objek pajak. Karena, PBB yang akan dihapuskan ini adalah PBB rumah tinggal dengan luas dibawa 200 meter persegi,”ungkapnya, belum lama ini.

Sambung Agus, hingga saat ini, pihaknya belum menyiapkan opsi, jika penghapusan PBB rumah tinggal itu diterapkan. Namun, pihaknya tetap optimis pengurangan itu tidak akan terlalu berdampak pada PAD Palembang.

“Prediksi kami, berkurangnya sekitar 15 persen. Dengan demikian, kami akan optimalkan pendapatan dari PBB komersil (bukan perumahan),” katanya.

Agus menjelaskan, tahun ini target penerimaan PBB mencapai Rp103 miliar. Jumlah itu meningkat jika dibandingkan tahun lalu yang hanya Rp95 miliar.

“Dari Rp95 miliar tersebut, hanya terealisasi 88, 95 persen saja. Karena masih ada yang belum membayar. Namun, kami terus lakukan penagihan sekarang,”bebernya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo mengatakan, penghapusan PBB, murni kebijakan Pemerintah Pusat, artinya daerah hanya menjalaninya saja.

“Walaupun pendapatan berkurang. Ini kan perintah Pusat. Yang namanya perintah kan harus dijalani,” disampaikannya.

 

TEKS        : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR    : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *