Kadiknas OKU Selatan Jawab Keterlambatan Dana BOS

MUARADUA – Menanggapi adanya keluhan pihak Kepala Sekolah atas keterlambatan pencairan dana BOS, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, Zulfakar Dhani menjawab dana BOS triwulan 1 akan dicairkan akhir Februari ini.

“Sedangkan untuk dana BOS triwulan ke-2 akan cair pada bulan Mei 2015 mendatang,” ujar Zulfakar.

Zukfakar membantah, keterlambatan tersebut terkadang merupakan keteledoran para Kepala Sekolah itu sendiri. Mestinya mereka dapat segera melengkapi laporan Dapodik (Data Pokok Pendidikan) pada sekolah mereka.

“Apabila data tersebut telah lengkap dan sinkron maka dana BOS tersebut, tidak akan mengalami keterlambatan,” ujarnya.

Saat ini, seluruh sekolah yang berada di Kabupaten OKU Selatan diwajibkan memiliki operator sekolah masing-masing yang bertugas untuk melaporkan Dapodik tersebut.

Untuk sarana Opator tersebut di dalam juknis dana BOS tersebut telah di sebutkan untuk pembelian laptop untuk operator sekolah. Jadi keterlambatan pencairan dana BOS tersebut keterlambatan para operator tersebut menyampaikan data tersebu. Ini kembali merupakan tugasdan tanggung jawab para kepala sekolah agar cepat tanggap akan hal ini.

Menurut Zulfakar, saat ini dana BOS telah mengalami kenaikan dan mestinya para orang tua siswa dapat mempergunakan dana BOS tersebut terlebih lagi dana BSM yang benar-benar dipergunakan untuk keperluan siswa, jangan dipergunakan untuk kepentingan lainnya.

Zulfakar, memperingatkan jangan menyalahgunakan dana BOS tersebut, karena pemerintah telah memberikan yang terbaik untuk bidang pendidikan.

Dan sekarang tinggal pandai-pandai kita sebagai orang tua siswa mempergunakannya sebaik mungkin,” jelasnya.

 

TEKS        : FITRI

EDITOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *