Warga Lubuklinggau Diimbau Waspada DBD

Ilustrasi DBD | Dok KS

Ilustrasi DBD | Dok KS

LUBUKLINGGAU – Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau mengimbau agar masyarakat agar rutin membersihkan tempat-tempat potensial bersarangnya nyamuk Aedes aegypti.  Alasannya, wabah demam berdarah dangue (DBD) di Lubuklingggau semakin tinggi.

“Ini salah satu cara yang cukup ampuh dalam membasmi nyamuk demam berdarah. Sebab pada bulan Februari ini, diperkirakan merupakan puncak berdarah itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau RM Nawawi Akip, Kamis (12/2).

Pemerintah setempat, katanya, saat ini sedang fokus dalam menghadapi ancaman penyakit demam berdarah, walau sejauh ini, kasus masih relatif sedikit di kota lubuklinggau. Tapi sangat perlu untuk diwaspadai dan berjaga-jaga terhadap serangan nyamuk tersebut.

“Bulan Februari inikan adalah salah satu puncaknya demam berdarah, wajib sekali kita waspadai bersama-sama,” terangnya

Informasi yang berhasil dihimpun, terhitung pada pekan kedua bulan Febuari ini, untuk kasus demam berdarah di Kota Lubuklinggau jumlahn ya baru ditemukan tiga kasus. Angka ini dibandingkan dengan bulan Januari lalu masih lebih kecil, yakni sebanyak 12 kasus demam berdarah ditemukan.

Sejauh ini, pihak instansi terkait sendiri telah melakukan langkah-langkah antisipasi, seperti melakukan fogging di lokasi-lokasi atau daerah endemis serangan demam berdarah, yakni di tiga daerah yang berturut-turut tiga tahun terakhir ditemukan kasus demam berdarah.

Di samping itu juga daerah lainnya tak terlepas dari antisipasi pemerintah setempat.

 

TEKS        : T MASRI

EDITOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com