Di GELC Palembang, Satpam Wajib Bisa Bahasa Inggris

Gedung  Global English Language Center terletak di jalan Demang Lebar Daun Palembang. | Foto ; Ferry Hotman

Gedung Global English Language Center (GELC) Terletak di jalan Demang Lebar Daun Palembang. | Foto ; Ferry Hotman

PALEMBANG – Bahasa Inggris bukan milik orang tertentu. Kemajuan jaman, menuntut segala usia wajib belajar bahasa Inggris. Tak terkecuali bagi orang security (Satpam). Tapi Satpam yang mana? Salah satunya Satpam di Lembaga Global English Languange Center (GELC) Palembang.

Ini dilakukan agar para Satpam bisa belajar bahasa Inggris dengan cepat. Sangat banyak cara untuk dapat berbahasa Inggris dengan cepat. Salah satunya adalah menerapkan sebuah lingkungan yang memiliki atmosfir bahasa Inggris, seperti di (GELC) selama ini.

Hal ini terbukti dari pantauan Kabar Sumatera, mulai dari office boy, administrasi, pedagang di kantin,  bahkan security pun menggunakan bahasa Inggris dalam sehari-hari, ini disebabkan dari penerapan sistem full Engglish Atmosphere.

Ya, kalau disini semua bisa bahasa Inggris. Alasannya  tidak malu untuk mengucapkan bahasa Inggris, karena sudah diterapkan atmosfir bahasa Inggris,” kata Qurniawansyah, Direktur GELC, belum lama ini di Palembang.

Menurut Iwan–panggilan akrab Qurniawansyah, salah satu faktor yang bisa mempercepat seseorang bisa berbahasa Inggris dengan cepat adalah seringnya mendengar. Oleh sebab itu, tidak salah jika semua karyawan, bahkan security (Satpam) sekalipun pun bisa berbahasa Inggris di GELC. “Sangat mudah kalau hanya ingin pintar berbahasa Inggris, sering bergaul dengan orang yang sering menggunakan bahasa Inggris, dalam jangka tiga bulan pasti sudah bisa,” tegas Iwan.

Ia menambahkan, salah satu faktor lainnya adalah, fasilitas penunjang, diantaranya siaran televisi bahasa Inggris, surat kabar dan majalah berbahasa Inggris. Bahkan fasilitas seperti Movie Theater, sangat penting untuk menonton film berbahasa Inggris tanpa teks. “Nonton film yang berbahasa Inggris saja kita bisa cepat berbahasa Inggris,” ujarnya.

Inilah yang membuat semua karyawan GELC mahir berbahasa Inggris dan tak terkecuali security. Sebab, mereka dibuat percaya diri, tidak malu dan tidak takut lagi untuk memperaktikkan bahasa Inggris, apalagi selama ini tiap harinya ada acara hiburan seperti cafe, permainan biliard dan lain-lain. Saat itulah mau tidak mau, pengunjung juga menggunakan bahasa Inggris, mulai dari pagi hari hingga sore. “The point is that you don’t have tobe shy! (Intinya tidak boleh malu, red) kita yang datang kesini (GELC), tentu bukan orang pintar, kalau sudah pintar untuk apa datang kesini belajar bahasa Inggris,” jelasnya.
TEKS        : ANDI HARYADI

EDITOR    : IMRON SUPRIYADI




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *