Kasus DBD Di Palembang Renggut Dua Nyawa

  • Pasien 119 Baru Keluarkan Status KLB

PALEMBANG – Meskipun telah menelan dua korban, Dinas Kesehatan (Dinkes) Palembang belum keluarkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Metropolis.

“Kasus DBD di Palembang, sudah ada dua pasien meninggal,”ungkap, Kabid Pengendalian Masalah Kesehatan (PMK) Dinkes Palembang Afrimelda, belum lama ini.

Afrimelda mengatakan, status KLB akan dikeluarkan apabila pasien DBD sudah berada di angka 119 orang. Saat ini, jumlah penderita DBD di ibu kota Sumatera Selatan (Sumsel) ini sebanyak 115 orang.

“Berdasarkan data dari 39 puskesmas di Palembang, pasien DBD lebih kurang 115 orang. Pasien terbanyak berada di Kecamatan Alang-alang Lebar (AAL), Sukarame dan Seberang Ulu (SU) II,”katanya.

Sambungnya, walaupun penderita DBD belum mencapai 119 orang dan belum dikeluarkan status KLB, masyarakat harus tetap waspada. Karena, bisa saja dalam waktu dekat status KLB dikeluarkan.

“Intensitas hujan masih tinggi, dengan demikian sarang nyamuk akan semakin banyak bermunculan, oleh itu masyarakat harus waspada dengan cara membudayakan hidup bersih dan sehat,”imbuhnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, sekarang yang harus di jaga adalah kebersihan lingkungan. Budaya hidup sehat salah satu upaya untuk menekan penderita DBD.

“Fogging atau pengasapan di pemukiman penduduk terus di lakukan, saya harap masyarakat bisa meningkatkan kebersihan dengan cara mengubur, menguras dan menutup (3M),” disampaikannya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL


TAG


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *