Terkait Walikota Palembang, Putusan MA tak Batalkan Putusan MK

PALEMBANG – Simpang siur terkait putusan Mahkamah Agung (MA) RI Nomor 04P/KHS/2014 tentang kepemimpinan Kota Palembang, ternyata menjadi perhatian banyak pihak. Termasuk Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Palembang.

Ketua DPC IKADIN Palembang Antoni Toha mengatakan, munculnya putusan Mahkamah Agung (MA) memiliki dua persepsi dimasyarakat yakni, bisa melengserkan Wali Kota dan Wakilnya, kemudian ada juga pihak yang menyebut putusan Mahkamah Konstitusi (MK) final artinya tidak bisa diganggu gugat.

“Mari kita satukan persepsi, bahwa putusan MK sudah final. Artinya isu yang berkembang dimasyarakat soal pemakzulan tidak perlu ditanggapi oleh pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang,”ungkapnya, usai melakukan pertemuan dengan Plt Wali Kota Palembang, di lantai III kantor Sekretariat Daerah (Setda) Palembang, Kamis (5/2).

Menurut Toha, keluarnya putusan MA, bukan berarti bisa membatalkan putusan MK yang memenangkan pasangan Romi Herton-Harnojoyo sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

“Segelintir orang mengatakan jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota hasil kejahatan tidak dapat dibenarkan,”ujarnya.

Sambung Toha, kalau nanti Wali Kota Palembang nonaktif, Romi Herton terbukti melakukan suap terhadap mantan ketua MK Akil Muchtar. Harnojoyo akan menjadi Wali Kota defitinif.

“MK itu, lembaga peradilan tertinggi dan terakhir yang berhak mengadili sengketa Pilkada. Jadi, putusan MA itu tidak relevan,”katanya.

Toha menambahkan, IKADIN Palembang siap memberikan bantuan hukum kepada Pemkot Palembang dalam menjaga keadaan Kota Palembang yang kondusif.

“Jangan gara-gara putusan MA, Palembang jadi kacau. Mari kita jaga bersama,”ulasnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Palembang, Harnojoyo berharap, Kota Palembang tetap aman dan kondusif. Sehingga, kenyamanan dan rasa aman, bisa dirasakan masyarakat.

“Jangan merusak, mari kita bersama-sama menjaga Kota Palembang dengan baik,” ujarnya.

 

TEKS      : ALAM TRIE MARSATA

EDITOR   : RINALDI SYAHRIL

 

 




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *