Ironis, Kantor Lurah Tanjung Kupang Seperti “Rumah Tua”

kondisi kantor Kelurahan Tanjung Kupang memprihatinkan. | Foto : Saukani

kondisi kantor Kelurahan Tanjung Kupang memprihatinkan. | Foto : Saukani

EMPAT LAWANG – Miris, kondisi bangunan Kantor Kelurahan Tanjung Kupang yang berada di Jalan lintas tengah sumatera (jalisumteng) memprihatinkan. Bangunan semi permanen berukuran sekitar 4 x 6 meter tersebut sudah usang layaknya “Rumah tua”.

Eks kantor desa Tanjung Kupang tersebut dibangun sejak 1987 silam, hingga saat ini belum ada perehaban berarti. Padahal, bangunan itu pernah ditempati sebagai kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Empat Lawang.

Pantauan Kabar Sumatera di lapangan, Kamis (5/2), kondisi fisik bagian eksterior kantor berdinding papan dan beratap seng itu sudah tua. Ditambah cat dinding papan sudah pudar tidak cerah. Sehingga jika dilihat sepintas, kantor bangunan tersebut layaknya pemandangan rumah warga bukan sebagai tempat perkantoran.

Pekarangan kantor, dinding papan sebagian sudah dimakan rayap, atap plafon sama sekali tidak ada, sehingga jika pengunjung datang dan melihat ke atas plafon, yang terlihat hanyalah barisan reng kerangka bangunan yang juga sudah kerayapan.

Apalagi pintu kantor sudah terlihat sudah tidak terawat.Terlebih dalam pekantoran sendiri, lantai dasarnya menggunakan semen tanpa keramik, sehingga texstur lantainya kasar dan mudah berdebu. Di dalam ruang tersebut terdapat empat buah meja, 11 kursi plastik, dan dua buah kursi rotan, tatanan kantor terkesan kurang rapi.

Di ruangan Lurah sendiri, ruangan nampak sempit, terasa lebih sesak lagi lantaran ada beberapa buah kardus berukuran besar berada didalam ruang tersebut. Dan sejumlah ruangan seakan tak difungsikan seperti gudang penyimpanan.

“Ya, miris juga lihat kantor lurah ini, harusnya di rehab lagi. Kan lokasinya di jalinsumteng apalagi dekat Pemkab Empat Lawang,” cetus IN (30) warga hendak berurusan ke Kantor Lurah Tanjung Kupang.

Sebelumnya, Lurah Tanjung Kupang Timuria Windiarni melalui Sekretarisnya Surman didampingi Najamudin salah seorang staf tak menampik kondisi kantornya memang sudah banyak kerusakan. Namun pihaknya sudah pernah mengajukan ke pemkab Empat Lawang untuk perbaikan kantor.

“Pengennya kita bangunannya permanen layaknya kantor, peralatan fisik dan non fisiknya lengkap. Sehingga kita nyaman bekerja, terlebih kantor kita enak dipandang masyarakat. Apalagi berdekatan dengan kantor pemkab,” bebernya.

Pada 2011 lalu sudah pernah mengajukan permohonan untuk perbaikan kantor.

“Sampai-sampai dari salah satu dinas sudah membuat sketsa, mengukur, dan yang lainnya. Tapi sampai sekarang belum juga terealisasi,”katanya mengakui, dulunya Kantor Keluruhan Tanjung Kupang bakal dijadikan kantor Lurah percontohan di Empat Lawang.

“Kabarnya begitu, namun sampai sekarang belum ada perbaikan,” tukasnya.

 

TEKS        : SAUKANI

EDITOR    : FJ ADJONG




Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *

Web development by oktopweb.com